Selasa, 23 Maret 2021

SELASA, 23 MARET 2021 (7E DAN 7F)


RINGKASAN MATERI

BAB 6

 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel


Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Selamat pagi anak-anakku yang sholeh sholeha...

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. 

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita masih akan mempelajari Bab 6 dengan materi Mengapresiasiasi dan Mengkreasikan Fabel. Baiklah silakan baca dan pahami materi berikut ini.
Fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binantang. Karakter binatang dalam cerita fabel dianggap mewakili karakter manusia dan diceritakan mampu bertindak seperti manusia tetapi tidak menghilangkan karakter binatangnya. Struktur teks adalah bagian-bagian sebuah teks yang mencirikan suatu teks. Bagian-bagian itu menjabarkan ciri bagain awal, inti, dan penutup teks dalam fungsi komunikasi tertentu

1. Menelaah Struktur Fabel
Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti). Fabel ini memiliki empat bagian dalam strukturnya. Keempat bagian tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Orientasi merupakan bagian awal dari suatu cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat, dan waktu.
  2. Komplikasi merupakan konflik atau permasalahan antara satu dengan tokoh yang lain. Komplikasi menuju klimaks.
  3. Resolusi merupakan bagian fabel yang berisi pemecahan masalah.
  4. Koda (boleh ada boleh tidak) adalah bagian terakhir fabel yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

Perhatikan contoh dan pengidentifikasian struktur fabel di bawah ini!
Gajah yang Baik Hati
StrukturKalimat
OrientasiSiang hari itu suasana di hutan sangat terik. Tempat tinggal si Kancil, Gajah, dan lainnya seakan terbakar. Kancil kehausan. Dia berjalanjalan mencari air.
KomplikasiDi tengah perjalanan dia melihat kolam dengan air yang sangat jernih. Tanpa pikir panjang dia langsung terjun ke dalam kolam. Tindakan Kancil sangat ceroboh, dia tidak berpikir bagaimana cara ia naik ke atas. Beberapa kali Kancil mencoba untuk memanjat tetapi ia tidak bisa sampai ke atas.

Si Kancil tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya berteriak meminta tolong. Teriakan si Kancil ternyata terdengar oleh Si Gajah yang kebetulan melewati tempat itu. ‘’Hai, siapa yang ada di kolam itu?’’
Gajah Yang Baik Hati

‘’Aku.. si Kancil sahabatmu.’’

Kancil terdiam sesaat mencari akal agar Gajah mau menolongnya.

‘’Tolong aku mengangkat ikan ini.’’

“Yang benar kau mendapat ikan?’’

‘’Bener..benar! Aku mendapatkan ikan yang sangat besar.’’

Gajah berpikir sejenak. Bisa saja ia turun ke bawah dengan mudah tetapi bagaimana jika naiknya nanti.

‘’Kau mau memanfaatkanku, ya Cil?’’ Kau akan menipuku untuk kepentingan dan keselamatanmu sendiri?’’ Tanya Gajah. Kancil hanya terdiam.

‘’Sekali-kali kamu harus diberi pelajaran,’’ kata Gajah sambil meninggalkan tempat itu. Gajah tidak mendengarkan teriakan Kancil. Kancil mulai putus asa. Semakin lama berada di tempat itu Kancil mulai merasa kedinginan. Hingga menjelang sore tidak ada seekor binatang yang mendengar teriakannya.

‘’Aduh gawat! Aku benar-benar akan kaku di tempat ini.’’ Dia berpikir apa ini karma karena dia sering menjaili teman-temannya.
ResolusiTidak lama, tiba-tiba Gajah muncul lagi. Kancil meminta tolong kembali.

“Bagaimana Cil?”

“Tolong aku, aku berjanji tidak akan iseng lagi”

“Janji?” gajah menekankan.

‘’Sekarang apakah kamu sudah sadar? Dan akan berjanji tidak akan menipu, jahil, iseng dan perbuatan yang merugikan binatang lain?’’

‘’Benar Pak Gajah, saya benar-benar berjanji.’’ Gajah menjulurkan belalainya yang panjang untuk menangkap Kancil dan mengangkatnya ke atas. Begitu sampai di atas Kancil berkata.

‘’Terima kasih Pak Gajah! Saya tidak akan pernah melupakan kebaikanmu ini.’’
KodaSejak itu Kancil menjadi binatang yang sangat baik. Ia tidak lagi berbuat iseng seperti yang pernah ia lakukan pada beruang dan binatangbinatang yang lainya.

Memang kita harus berhati-hati kalau bertindak. Jika tidak hati-hati akan celaka. Jika kita hari-hati kita akan selamat. Bahkan bisa menyelamatkan orang lain

StrukturCiri
OrientasiCiri isi :
Pengenalan tokoh, latar, watak tokoh, dan konflik
KomplikasiCiri isi
  1. Hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak.
  2. Komplikasi dimulai dari munculnya masalah sehingga masalah mencapai komplikasi/ klimak (masalah memuncak)
ResolusiCiri isi
Penyelesaian masalah
KodaCiri isi
Nilai moral yang diungkapkan pengarang secara impisit pada akhir cerita

2. Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Fabel
StrukturCiri
OrientasiDiawali dengan deskripsi latar :
Pagi itu sang mentari menampakkan diri dengan senyum terindahnya. Nuri bersama sahabat-sahabatnya bernyanyi riang. Sementara Katak Putih bertepuk tangan dengan ceria. Sudah terkenal di seluruh hutan bahwa si Nuri dan si Katak Putih bersahabat karib. Saling menopang dan saling menolong dalam suka dan duka.

Suatu saat terjadilah keadaan yang sangat mengejutkan. Tiba-tiba .....

Diawali dengan latar dan kegiatan tokoh :
Di keheningan malam Kura-kura nampak tidur pulas bersama Katak sahabat baiknya. Sudah dua bulan ini Kura-kura sakit dan sahabatnya dengan setia mendampinginya.

Diawali dengan latar di masa lalu :
Pada zaman dahulu, hiduplah sekelompok gajah raksasa. Pada siang terik itu Gajah bersama teman-temannya berjalan tegap ke arah perkampungan Semut. Panas terik tak dihiraukan. Mereka tetap berjalan sambil bercanda ria.
Bagian Orientasi :
Ciri isi :
Berisi pengenalan tempat terjadinya cerita, pengenalan tokoh

Ciri bahasa :
Berisikata keterangan tempat/ waktu di sebuah hutan, pada suatu hari, di sebuah kerajaan.
    KomplikasiDiawali dengan konflik batin
    Semakin lama Kura-kura merasa hidupnya tidak berguna lagi. Dia merasa hanya bisa merepotkan teman-temannya.

    Diawali dengan konflik fisik
    Ketika Gajah memasuki areal perkampungan Semut Merah, tanpa diduga pasukan Semut Merah tiba-tiba menyerangnya. Semut menuduh Gajah melakukan penghancuran perkampungannya. Gajah mengelak dan mencoba menjelaskan. Akan tetapi Semut terus menyerang telinga Gajah.

    Diawali dengan perubahan latar dan peristiwa tidak mengenakkan tokoh
    Bulan berganti bulan, tahun berganti tahun. Ternyata semua keadaan tak ada yang abadi. Persahabatan Gajah dan Semut dilanda perpecahan. Semut mulai mengkhianati persahabatan itu.
    Bagian Komplikasi :
    Ciri isi :
    Berisi  berisi awal terjadinya masalah atau konflik/ada perubahan/ada kejutan

    Ciri bahasa :
    Berisi kata seperti tiba-tiba, tanpa diduga
    ResolusiDiawali dengan meredanya konflik
    Akhirnya, masalah menjadi jelas. Tak ada salah paham lagi di antara kelompok Gajah dan Semut.

    Diawali dengan dialog yang menandakan amannya keadaan
    “Ayo cepat Ci…” dengan rasa kebersamaan mereka pun akhirnya selamat.

    Contoh 3
    Kesabarannya menghadapi Kasuari yang sombong itu sudah habis. Dipatahkanlah sayap Kasuari. Kasuari tetap mencoba terbang meski terasa lemas. Semakin dia mencoba, semakin sakit dan lemaslah tubuhnya. Dia sangat kesakitan ketika menggerakkan sayapnya.

    Contoh 4
    Ketegangan memuncak Keadaan tak dapat dikendalikan lagi. Pertengkaran semakin menjadi dan kondisi hutan terbakar habis.
    Bagian Resolusi :
    Ciri isi:
    1. Menyatakan pemecahan masalah atau kondisi akhir peristiwa
    2. Akibat dari semua perilaku tokoh
    3. Ganjaran yang diterima tokoh
    4. Perubahan watak tokoh menjadi baik
    Ciri bahasa :
    Berisi kata : dia menyadari , akhirnya,, dengan kejadian tersebut,
    KodaPernyataan penulis tentang pelajaran dari cerita fabel
    Kejahatan akan selalu dikalahkan oleh kebaikan. Apapun yang berbuat jahat akan dikalahkan oleh perbuatan baik

    Pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita itu adalah mulut kita dilarang berbicara yang menyinggung kekurangan orang lain. Tuhan menciptakan mahluknya dengan keistimewaan sendiri-sendiri.
    Bagian Koda :
    Ciri isi:
    Berupa kesimpulan, pesan atau amanat dari penulis

    Ciri Bahasa :
    Sejak itu Kancil menjadi binatang yang sangat baik.
    Memang kita harus berhati-hati kalau bertindak.

    3. Mencermati Variasi Pengembangan Watak Tokoh
    Contoh 1: deskripsi fisik tokoh
    Farni adalah kelinci yang lucu. Bulunya putih bak mutiar. Matanya sebening air danau. Jika ia makan, bibir merahnya yang cantik akan bergerak indah. Kecantikan Farni tidak diragukan lagi di hutan Ambarata.

    Contoh 2: kegiatan tokoh
    Singa mengaum menunjukkan tarinya yang putih dan tajam. Ia menggarukgaruk tanah menandakan amarahnya sedang memuncak. Bulu yang ada di sekitar kepalanya bergoyang seram. Semua hewan di hutan bergidik ketakutan.

    Contoh 3: dialog tokoh dengan diri sendiri
    “Ah… kue ini pasti nikmat sekali apalagi jika ku makan sendiri tanpa berbagi dengan mereka”. Gumamnya dalam hati.

    Contoh 4: dialog dengan tokoh lain
    “Ah… kamu tidak bisa terbang karena kakimu kecil, kalau kakiku sempurna bisa mellompat kemana-mana, kata Katak pada Semut.

    “Jangan menghina Katak, Tuhan memberikan kita kelebihan masingmasing,” Burung bersuara dengan nada lembut.

    Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita. Tokoh adalah orang yang mengambil bagian dan mengalami peristiwa, sebagaimana peristiwa yang digambarkan dalam sebuah alur. Dari pengertian tersebut, peranan tokoh sangat berpengaruh dalam perjalanan peristiwa dalam karya fiksi. Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu :
    1. Deskripsi fisik tokoh
    2. Kegiatan yang dilakukan tokoh
    3. Dialog tokoh dengan diri sendiri
    4. Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel
    Baiklah, itulah materi pertama kita pada Teks Fabel.
    Setelah membaca dan memahami materi di atas, silakan buat kesimpulan yang kalian dapatkan dan tulis kesimpulan di bagian kolom komentar sebagai pengganti absen kalian serta kirimkan juga foto kegiatan belajar kalian ke wa ibu yaa 🙂
    semanga ya sholeh sholeha ibu.
    Wassalamualaikum wr.wb.

     

    36 komentar:

    1. Assalamu'alaikum ibu
      Nama; m.el Ramzi Ramadan
      Kelas: 7F
      Tanggal 23-3-2021
      Kesimpulan:
      1.Fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2. Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4. Menggunakan kata ganti/sandang untuk menyatakan sudut pandang si pengarang
      Demikian kesimpulannya.Terima kasih

      BalasHapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    3. Assalamualaikum Bu
      Nama : Naura putri Az-Zahra
      Kls. : VII F
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    4. Assalamualaikum Bu
      Nama : Bilal pratama
      Kls. : VII F
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    5. Assalamualaikum ibu
      Nama..rakha Satria Syah perdana
      Kelas..7f
      Ket..hadir
      Kesimpulan dr materi mengapresiasi dan mengkreasikan fabel..
      Fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yg menggambarkan Budi pekerti manusia yg diibaratkan pada binatang.
      Fabel memiliki 4 bagian..
      1.orentasi
      2.aplikasi
      3 resolusi
      4.koda
      Menelaah variasi pengungkapan struktur fabel..
      Orentasi..diawali dengan deskripsi latar
      Bagian orentasi..
      Ciri isi ..pengenalan tempat terjadinya ceritA
      Ciri bhs..berisikan keterangan tempat atau waktu
      Bagian komplikasi..
      Berisi awal terjadinya masalah
      Ciri bahasa ..berisi kata seperti tiba2
      Resolusi..diawali dng meredanya konflik
      Bagian revolusi
      Ciri cirinya..
      1.menyatajan pemecahan masalah
      2.akibat dr semua perilaku tokoh
      3.ganjaran yg diterima tokoh
      4.perubahan watak
      Ciri bahasa..berisi kata
      Koda..pernyataan penulis tentang pelajaran dr cerita fabel.

      3.mencermati variasi pengembangan watak tokoh
      Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita.
      Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu..
      1 deskripsi fisik tokoh
      2.kegiatan yg dilakukan tokoh
      3.dialog tokoh dengan diri sendiri
      4.dialog
      tokoh dengan tokoh lainnya

      Terima kasih.





      BalasHapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    7. Assalamu'alaikum bu
      Nama: iis nur komaria pratiwi
      Kelas: 7E
      Ket: hadir
      Hari/tgl: Selasa, 23 - 03 - 2021

      Kesimpulan:
      Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti).
      Fabel memiliki 4 bagian yaitu:
      1.orentasi
      2.aplikasi
      3 resolusi
      4.koda

      Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita. Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu :
      - Deskripsi fisik tokoh
      - Kegiatan yang dilakukan tokoh
      - Dialog tokoh dengan diri sendiri
      - Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel

      Demikian kesimpulan yang saya buat, maaf jika ada yang kurang bu. Terima kasih wassalamu'alaikum wr. wb.

      BalasHapus
    8. Assalamualaikum Bu
      Nama : Cinde Haristi
      Kls. : VII F
      Ket:hadir
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    9. Assalamu'alaikum Bu
      Nama: Bagus abdurasyid
      Kelas: 7E
      1.Fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2. Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4. Menggunakan kata ganti/sandang untuk menyatakan sudut pandang si pengarang.

      BalasHapus
    10. Assalamualaikum
      Nama:M.Feroz Nabiq
      Kelas:7F
      Ket:hadir

      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    11. Assalamu'alaikum bu
      Nama: Chelsea Aprilia Susanti
      Kelas: 7E
      Ket: hadir
      Hari/tgl: Selasa, 23 - 03 - 2021

      Kesimpulan:
      Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti).
      Fabel memiliki 4 bagian yaitu:
      1.orentasi
      2.aplikasi
      3 resolusi
      4.koda

      Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita. Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu :
      - Deskripsi fisik tokoh
      - Kegiatan yang dilakukan tokoh
      - Dialog tokoh dengan diri sendiri
      - Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel

      Demikian kesimpulan yang saya buat, maaf jika ada yang kurang bu. Terima kasih wassalamu'alaikum wr. wb.

      BalasHapus
    12. Assalamualaikum wrwb
      Nama : Yuristian Lorriez
      Kelas : 7e
      Hari/tgl : Selasa,23-3-2021
      Kesimpulan dari materi di atas adalah Fabel merupakan cerita dengan tokoh-tokoh binatang yang di ceritakan hidup dan bermasyarakat seperti manuasia.
      Di dalam fabel terdapat kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan tokoh,kata kerja untuk menyatakan perbuatan tokoh ,kata keterangan untuk menyatakan latar dan kata ganti untuk menyatakan sudut pandang pengarang.
      Demikian kesimpulan yg sy berikan. Terimakasih
      Waalaikumsalam wrwb

      BalasHapus
    13. Assalamualaikum wr.wb
      Nama : Hafiza Fakhira Nayyara
      Kelas : 7F
      Ket : Hadir
      Tanggal : 23 Maret 2021

      - Kesimpulan -
      1. Menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan tokoh.
      2. Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan tokoh/peristiwa yang dialaminya.
      3. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar.
      4. Menggunakan kata ganti/sandang untuk menyatakan sudut pandang pengarang.

      BalasHapus
    14. Assalamu'alaikum bu
      Nama; Abdul Aziz Al Mubarak
      Kelas: 7F
      Tanggal 23-3-2021
      Kesimpulan:
      1.Fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2. Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4. Menggunakan kata ganti/sandang untuk menyatakan sudut pandang si pengarang
      Demikian kesimpulannya.Terima kasih

      BalasHapus
    15. Assalamu'alaikum bu
      Nama; Seno kurniawan
      Kelas: 7F
      Tanggal : 23-3-2021
      Kesimpulan:
      1.Fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2. Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4. Menggunakan kata ganti/sandang untuk menyatakan sudut pandang si pengarang
      Demikian kesimpulannya.Terima kasih

      BalasHapus
    16. Assalamu'alaikum bu
      Nama;Abdul Khodir Zailani
      KLS;VIIE
      Tanggal;23-3-2021
      Kesimpulan;

      1.Fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang
      2.Fabel maeliki 4 yaitu;
      -Orientasi
      -Komplikasi
      -Resolusi
      -Koda
      2.Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3.Menggunakan kata keterangan untuk menanyakan latar
      4.Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita yang berfungsi sebagai penggerak cerita
      Sekian
      Terimakasih
      Wassalamu'alaikum wr wb

      BalasHapus
    17. Assalamu'alaikum, N.K.Ayudya.W.D - 7E

      Kesimpulan:
      Fabel adalah cerita fiksi yang menggambarkan watak dan budi manusia, yang diperankan oleh karakter binatang.

      Terima Kasih, Wassalamu'alaikum

      BalasHapus
    18. Assalamualaikum nama saya M.Naufal.R dari kelas 7e hadir terimaksih atas materinya Bu
      Jawaban:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang
      Terimakasih wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

      BalasHapus
    19. Assalamualaikum
      Nama:Muhammad Azrel Zahran
      Kelas:7E
      Ket:Hadir(Selasa,23 Maret 2021)

      Kesimpulan:
      Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti).
      Fabel memiliki 4 bagian yaitu:
      1.orentasi
      2.aplikasi
      3 resolusi
      4.koda

      Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita. Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu :
      - Deskripsi fisik tokoh
      - Kegiatan yang dilakukan tokoh
      - Dialog tokoh dengan diri sendiri
      - Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel

      Demikian kesimpulan yang saya buat


      Terima kasih
      Wassalamu'alaikum wr. wb.

      BalasHapus
    20. Assalamualaikum Bu
      Nama : Safira Azzahra
      Kls. : VII F
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    21. Assalamualaikum
      Nama : Karina Octa Vinny Hidayat
      Kelas : 7E
      Ket : Hadir
      Kesimpulan :
      fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang.
      Fabel dibagi menjadi 4 yaitu :
      - Orientasi
      - Komplikasi
      - Resolusi
      - Koda

      Tokoh adalah
      Individu rekaan yang mengalami berbagai pristiwa cerita dan fungsi sebagai penggerak cerita.
      Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu :
      - Deskripsi Fisik Tokoh
      - Kegiatan yang dilakukan tokoh
      - Dialog tokoh dengan diri sendiri
      - Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel
      Terima Kasih
      Wassalamu'alaikum

      BalasHapus
    22. Assalamualaikum Bu
      Nama :Niki Faris Athaillah
      Kls. : 7F
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      Terimakasih wassalamualaikum Wr Wb

      BalasHapus
    23. Assalamualaikum Bu
      Nama : M.rayhansyah dhiyaqusay
      Kls. : VII F
      Ket:hadir
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    24. Assalamu'alaikum Bu
      Nama:Naura Afra Azzahra
      Kls:7F
      Ket:Hadir
      Kesimpulan:
      1.)Fabel Menggunakan Kata Sifat Untuk Menyatakan Sifat Dan Perasaan Sang Tokoh.
      2.)Menggunakan Kata Kerja Untuk Menyatakan Perbuatan Peristiwa Tokoh Yang DiAlami.
      3.)Menggunakan Kata Keterangan Untuk Menyatakan Latar.
      4.)Menggunakan Kata Ganti/Sadang Untuk Menyatakan Sudut Pandang Pengarang.
      -Terimakasih

      BalasHapus
    25. Assalamu'alaikum bu
      Nama: Fachri Ramadhan
      Kelas: 7E
      Ket: hadir
      Hari/tgl: Selasa, 23 - 03 - 2021

      Kesimpulan:
      Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti).
      Fabel memiliki 4 bagian yaitu:
      1.orentasi
      2.aplikasi
      3 resolusi
      4.koda

      Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita. Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu :
      - Deskripsi fisik tokoh
      - Kegiatan yang dilakukan tokoh
      - Dialog tokoh dengan diri sendiri
      - Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel

      Demikian kesimpulan yang saya buat, maaf jika ada yang kurang bu. Terima kasih wassalamu'alaikum wr. wb.

      BalasHapus
    26. Assalamualaikum Bu
      Nama : Muhammad Laskar Andwian
      Kls. : VII F
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    27. Assalamu'alaikum ibu
      Nama:Fanisa Aurelia
      Kelas: 7F
      Tanggal: 23-3-2021
      Kesimpulan:
      1.Fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2. Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4. Menggunakan kata ganti atau sandang untuk menyatakan sudut pandang si pengarang
      Demikian kesimpulannya,Terima kasih bu

      BalasHapus
    28. Assalamualaikum Wr. Wb.
      Nama : Getar Geleghar Riyanto
      Kelas : 7F
      Ket : Hadir
      Kesimpulan:
      Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang.
      Fabel dibagi menjadi 4 yaitu :
      1.Orientasi
      2.Komplikasi
      3.Resolusi
      4.Koda

      Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita.
      Pola pola pengembangan tokoh fabel yaitu
      1.Deskripsi Fisik Tokoh
      2.Kegiatan yang dilakukan tokoh
      3.Dialog tokoh dengan diri sendiri
      4.Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel
      Terimakasih atas materinya
      Wassalmualaikum Wr. Wb.

      BalasHapus
    29. Assalamualaikum
      Nama: Putri Aulia
      Kelas:7E
      Ket: hadir
      Kesimpulan :

      1.Fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh.
      2.Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.Menggunakan kata ganti/sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang .

      BalasHapus
    30. Assalammualaikum
      Nama:Zullia Ade Rono W
      Kelas:7f
      Ket:hadir
      Kesimpulan:Fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binantang.
      Terima kasih

      BalasHapus
    31. Assalamualaikum
      Nama: keysha yasinta
      Kelas: 7F
      Ket: hadir

      1.Fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2. Menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4. Menggunakan kata ganti/sandang untuk menyatakan sudut pandang si pengarang
      Demikian kesimpulannya.

      BalasHapus
    32. Assalamualaikum Bu
      Nama : Muhammad Maldini ramadhan
      Kls. : 7E
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti atau Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      Sekian dari saya wassalamu'alaikum we.wb terima kasih

      BalasHapus
    33. Assalammualaikum bu
      Nama: Khairiya zaina wardah
      Kelas:7F
      Ket:hadir
      Kesimpulan:Fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang
      Terima kasih

      BalasHapus
    34. assalamualaikum bu
      nama: safira puteri samanda
      kelas: 7f
      ket: hadir

      1.fabel menggunakan kata sifat untuk menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2. menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang dialaminya
      3. menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4. menggunakan kata ganti/sandang untuk menyatakan sudut pandang si pengarang

      BalasHapus
    35. Assalamualaikum Bu
      Nama Ahmad Riski Fatahillah
      Kelas 7f
      Ket hadir
      Kesimpulan:
      1.fabel menggunakan kata sifat untuk
      Menyatakan sifat dan perasaan sang tokoh
      2.menggunakan kata kerja untuk menyatakan perbuatan peristiwa/tokoh yang di alami
      3.menggunakan kata keterangan untuk menyatakan latar
      4.menggunakan kata ganti/Sadang untuk menyatakan sudut pandang pengarang

      BalasHapus
    36. Assalamualaikum
      Nama:asyia mutiara b
      Kelas:7E

      Kesimpulan:
      Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti).

      Tokoh merupakan individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa cerita dan berfungsi sebagai penggerak cerita. Ada beberapa pola pengembangan tokoh fabel yaitu :
      - Deskripsi fisik tokoh
      - Kegiatan yang dilakukan tokoh
      - Dialog tokoh dengan diri sendiri
      - Dialog tokoh dengan tokoh lainnya dalam fabel

      wassalamu'alaikum

      BalasHapus