Hari/Tanggal : Rabu/03 Agustus 2022 ( Kelas IXF)
Kamis/04 Agustus 2022 (Kelas IXE)
Materi : Latihan Menelaah Struktur dan Kebahasaan
Teks Laporan Percobaan
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Assalammualaikum anak sholeh sholeha ibu...
Apa kabar kalian semua nak?
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat ya nak..
Dan pastikan kalian semua sudah melaksanakan sholat dhuha nya anak Spalga Hebat ibu yang sholeh sholeha...
Baiklah setelah kalian memahami materi Teks Laporan Percobaan di pertemuan kemarim, maka di pertemuan kedua kita kali ini mengisi LKPD yang akan ibu berikan di bawah ini secara berkelompok.
Silahkan dipahami tugas dibawah ini jika ada kesulitan silahkan ditanyakan langsung pada ibu.
LKPD
Petunjuk Kegiatan:
·
Peserta didik membuka buku yang
dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku
Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jakarta : Cetakan Ke-2.2018. (Edisi Revisi).
·
Peserta didik membaca dan menyimak
buku pada halaman 21-24 atau yang dikutif pada bahan bacaan pada link yang
tersedia.
·
Tetap disiplin dalam melaksanakan
protokol kesehatan.
·
Melaporkan hasil pada buku tugas atau
lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan
yang disediakan.
·
Tulis Laporan LKPD Nama dan kelas
ananda pada LKPD.
Untuk meningkatkan pemahaman kita
dalam menafsirkan struktur teks laporan percobaan, selanjutnya mari kita
lakukan kegiatan berikut.
Laporan LKPD |
Nama
: ……. Kelas
: …… |
Kerjakanlah!
1. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut yang
tersusun secara acak. Kemudian pasangkan dengan bagian struktur teks laporan
hasil percobaan dengan menarik garis lurus.
Pernyataan |
Struktur Teks |
• Lemon, Air , Sendok, Mangkuk,
Cotton Bud, Kertas Putih, Lampu Bohlam |
1) Tujuan percobaan 2) Alat dan bahan 3) Prosedur atau langkah-langkah 4) Hasil percobaan 5) Simpulan |
• Setelah langkah diatas selesai
kamu laukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu
dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara
menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi
kimia. |
|
• Jus lemon adalah senyawa organik
yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi cokelat ketika dipanaskan.
Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian,
tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan
tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu |
|
• Kamu dapat membuat tinta tidak
terlihat dengan bahan-bahan yang sangat mudah untuk di dapat, untuk
menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang misalnya. |
|
• Langkah pertama yang harus
dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa
tetes air ke dalam mangkuk tersebut.Kemudian aduk air dan jus lemon dengan
menggunakan sendok. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan
diatas kertas putih. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang
dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu |
2. Bagaimana kelengkapan struktur
teks tersebut?
3. Bagaimana susunan strukturnya?
3. Tulislah simpulan laporan hasil
percobaan tersebut!
LKPD
Petunjuk Kegiatan:
·
Peserta didik membuka buku yang
dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku
Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Peserta didik membaca dan menyimak
buku pada halaman 24-27 atau yang dikutip pada bahan bacaan pada link yang
tersedia.
·
Tetap disiplin dalam melaksanakan
protokol kesehatan.
·
Melaporkan hasil pada buku tugas atau
lembaran portofolio. Bentuk laporan cukup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan
yang disediakan.
·
Tulis Laporan LKPD Nama dan kelas
ananda pada LKPD.
Untuk meningkatkan pemahaman kita
dalam membandingkan kebahasaan teks laporan, selanjutnya mari kita lakukan
kegiatan berikut.
Laporan LKPD |
Nama
: ……. Kelas
: …… |
Pada kegiatan ini, kita diharapkan
dapat mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan
didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan,
adanya vitamin pada makanan, dll).
Langkah Kegiatan
Membuat Jebakan Tikus Sederhana
Tujuan :
Tikus merupakan hewan pengerat yang
sangat mengganggu. Oleh karena itu, harus ada cara untuk membasminya. Salah
satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana. Sebenarnya,
saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun
atau memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan
tikus yang ramah lingkungan.
Alat dan Bahan :
·
Ember yang berukuran besar.
·
Kaleng bekas.
·
Kawat besi.
·
Balok kayu kecil.
·
Selai kacang atau selai lainnya.
Langkah-Langkah :
1.
Melubangi ember untuk menaruh kawat
tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari
ketinggian ember.
2.
Lubangi lagi ember tersebut di bawah
lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat
masuk ke dalamnya.
3.
Buat jalan dari balok kayu kecil tadi
menuju lubang yang lainnya!
4.
Buat juga lubang di kaleng bekas tadi
tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya!
5.
Masukkan kawat tadi di lubang ember
besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi.
6.
Olesi kaleng bekas tadi dengan selai
kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a) Uraikan ciri-ciri kaidah bahasa
teks tersebut!
Kaidah Kebahasaan |
Kutipan
Teks |
|
|
|
b) Pasangkanlah contoh kata dan
kaidah teks laporan hasil percobaan!
Contoh
Kata |
Kaidah
Kebahasaan |
1.
selanjutnya |
1.kopula 2.kata ganti 3.konjungsi 4.definisi 5.Verba instruksi |
2.
tambahkan |
|
3.
tersebut |
|
4. merupakan |
|
5.
adalah |
c) Tunjukkanlah contoh kalimat dari
teks laporan hasil percobaan lainnya yang menggunakan kata-kata berikut.
Kata |
Contoh
kalimat |
1.
Kemudian |
|
2.
Langkah |
|
3.
Buatkan |
|
4.
Cepat |
|
5.
Aduklah |
d) Buatlah contoh kalimat dengan
menggunakan kata-kata berikut. Jelaskan pula arti dari masing-masing kata
tersebut sehingga jelas perbedaannya!
Kata |
Contoh
Kalimat |
Arti |
1.
Sebab |
||
2.
Penyebab |
||
3.
Penyebabnya |
||
4.
Penyebaban |
||
5.
Menyebabkan |
||
6.
Disebabkan |
||
7.
Oleh sebab itu |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar