Minggu, 28 Agustus 2022

29-30 AGUSTUS 2022 (IXE DAN IXF)

π™·πšŠπš›πš’, πšƒπšŠπš—πšπšπšŠπš• : πš‚πšŽπš—πš’πš—, 29 π™°πšπšžπšœπšπšžπšœ 2022 (π™Έπš‡π™΅)
                               πš‚πšŽπš•πšŠπšœπšŠ, 30 π™°πšπšžπšœπšπšžπšœ 2022 (π™Έπš‡π™΄) 
π™ΌπšŠπš™πšŽπš• : π™±πšŠπš‘πšŠπšœπšŠ π™Έπš—πšπš˜πš—πšŽπšœπš’πšŠ
π™ΊπšŽπš•πšŠπšœ : π™Έπš‡π™΄ πšπšŠπš— π™Έπš‡π™΅
π™ΌπšŠπšπšŽπš›πš’ : πšƒπšŽπš”πšœ π™Ώπš’πšπšŠπšπš˜ π™ΏπšŽπš›πšœπšžπšŠπšœπš’πš
𝙺𝙳 :
4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca.
πšƒπšžπš“πšžπšŠπš— :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat : memahami cara menyimpulkan hasil identifikasi pidato persuasif dan memahami unsur simpulan pidato persuasif.

π™°πšœπšœπšŠπš•πšŠπš–πš–πšžπšŠπš•πšŠπš’πš”πšžπš– πšœπš‘πš˜πš•πšŽπš‘ πšœπš‘πš˜πš•πšŽπš‘πšŠ πš‚πš™πšŠπš•πšŠπš π™·πšŽπš‹πšŠπš... 
π™°πšŠ πš”πšŠπš‹πšŠπš› πš”πšŠπš•πš’πšŠπš— πš—πšŠπš”, πšœπšŽπš–πš˜πšπšŠ πš”πšŠπš•πš’πšŠπš— πšœπšŽπš–πšžπšŠ πšπšŠπš•πšŠπš– πš”πšŽπšŠπšπšŠπšŠπš— πšœπšŽπš‘πšŠπš πš πšŠπš•πšŠπšπš’πšŠπš 𝚒𝚊 πš—πšŠπš”. π™°πšŠπš–πš’πš’πš—. 
π™±πšŠπš’πš”πš•πšŠπš‘ πšœπšŽπš‹πšŽπš•πšžπš– πš”πš’πšπšŠ πš–πšŽπš–πšžπš•πšŠπš’ πš™πšŽπš–πš‹πšŽπš•πšŠπš“πšŠπš›πšŠπš— πš™πšŠπšœπšπš’πš”πšŠπš— πš”πšŠπš•πš’πšŠπš— πšœπšŽπš–πšžπšŠ πšœπšžπšπšŠπš‘ πš–πšŽπš•πšŠπš”πšœπšŠπš—πšŠπš”πšŠπš— πšœπš‘πš˜πš•πšŠπš πšπš‘πšžπš‘πšŠ πšπšŠπš— πš–πšžπš›πš˜πš“πšŠπšŠπš‘πš—πš’πšŠ 𝚒𝚊 πšœπš‘πš˜πš•πšŽπš‘ πšœπš‘πš˜πš•πšŽπš‘πšŠ πš‚πš™πšŠπš•πšπšŠ π™·πšŽπš‹πšŠπš.. ..

π™»πšŠπš—πšπšœπšžπš—πš πšœπšŠπš“πšŠ...π™³πš’ πš™πšŽπš›πšπšŽπš–πšžπšŠπš— πš”πšŽπšπš’πšπšŠ πš”πš’πšπšŠ πš”πšŠπš•πš’ πš’πš—πš’, πš”πš’πšπšŠ πšŠπš”πšŠπš— πš–πšŽπš–πš‹πšŠπš‘πšŠπšœ πšπšŽπš—πšπšŠπš—πš π™ΌπšŽπš—πš’πš’πš–πš™πšžπš•πš”πšŠπš— πšƒπšŽπš”πšœ π™Ώπš’πšπšŠπšπš˜ π™ΏπšŽπš›πšœπšžπšŠπšœπš’πš..πšžπš—πšπšžπš” πš•πšŽπš‹πš’πš‘ πš“πšŽπš•πšœπš—πš’πšŠ πšœπš’πš•πšŠπš‘πš”πšŠπš— πš”πšŠπš•πš’πšŠπš— πš™πšŽπš›πš‘πšŠπšπš’πš”πšŠπš— πš–πšŠπšπšŽπš›πš’ πšπš’ πš‹πšŠπš πšŠπš‘ πš’πš—πš’.. 

    π™Όπ™΄π™½πšˆπ™Έπ™Όπ™Ώπš„π™»π™Ίπ™°π™½ π™Ώπ™Έπ™³π™°πšƒπ™Ύ π™Ώπ™΄πšπš‚πš„π™°πš‚π™Έπ™΅

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkannya.

Cara Menyimpulkan Isi Pidato Persuasif yang Tepat dan Contohnya

Cara menyimpulkan isi teks pidato persuasif harus mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan saksama.

1. Mendengarkan atau menyimak isi pidato persuasif

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendengarkan atau menyimak pidato dengan saksama.

Agar mampu menyimak isi pidato dengan baik, biasakanlah untuk selalu berkonsentrasi dengan memusatkan perhatian pada isi pidato yang sedang disimak.
Jangan sampai kehilangan konsentrasi yang akan membuat pikiran terganggu.

Jika menyimak pidato persuasif secara langsung, baiknya juga memperhatikan gerak-gerik, mimik, dan bahasa tubuh pembicara.

Hal ini dimaksudkan agar kita benar-benar dapat menangkap dan memahami isi pidato yang disampaikan.

2. Menentukan topik pidato persuasif

Topik adalah pokok pembahasan dalam pidato persuasif. Ketika kita akan berpidato persuasif, pertimbangkan dulu apa topiknya yang aktual dan menarik.
Untuk masa  pandemi ini, topik pidato persuasif yang menarik adalah protokol kesehatan.
Tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan setiap saat untuk memutus mata rantai wabah.

Meskipun topik pidato tidak disampaikan secara eksplisit oleh pembicara, kita tetap dapat menangkap garis besar isi pidato.

Topik pidato persuasif biasanya berkaitan dengan hal yang menarik, aktual, dan menyangkut kepentingan masyarakat banyak.

Dengan mengetahui topik pidato persuasif, kita akan mudah mengetahui pokok-pokok pikiran yang dibahas pembicara.

3. Mencatat butir-butir penting dalam pidato persuasif

Sudah dikemukakan di atas, bahwa saat menyimak isi pidato kita tidak boleh kehilangan konsentrasi. Kita hatus benar-benar fokus perhatian pada isi pidato.

Hal ini agar kita dapat menangkap isi pidato dengan baik. Pada saat menyimak, catatlah butir-butir penting pidato yang disampaikan pembicara.
Catatan tersebut akan bermanfaat ketika akan menyimpulkan isi pidato.

Proses pencatatan butir penting harus menggunakan strategi yang jitu.

Gunakanlah singkatan kata agar bisa menyesuaikan dengan kecepatan berbicara. Kita sudah tahu tentunya, kecepatan menulis dengan berbicara sangat jauh berbeda.

Oleh karena itu, catatlah butir penting isi pidato dengan menggunakan singkatan kata.

Singkatan kata akan lebih jelas jika kita menyingkatnya dengan mengambil huruf matinya saja. Misalnya: kata “wabah” disingkat dengan wbh, kata corona “crn”.

Jika sudah paham sekali dengan singkatan kata wabah corona, kita dapat menyingkatnya dengan wc. Itulah contoh cara menyingkat pada saat menyimak pidato.
4. Menyimpulkan Isi pidato persuasif

Berdasarkan butir-butir penting yang dicatat, kita dapat merumuskan simpulan isi pidato persuasif tersebut disertai dengan pendapat pribadi penyimpul.

Hati-hati, jangan sampai kalimat simpulan hanya berupa ringkasan isi pidato. Simpulan bukanlah isi ringkas, bukan pula butir penting, atau ide pokok teks.

Simpulan itu mengungkap inti teks yang disertai pendapat pribadi penyimpul. Sebab, simpulan itu merupakan pendapat akhir dari suatu teks atau wacana tertentu.

Jadi, simpulan itu harus memuat seluruh butir penting pidato dan birisi pendapat atau penafsiran yang berkaitan dengan isi pidato.

Untuk memperjelas pembahasan ini, baiklah ikuti contoh simpulan isi pidato persuasif pada link berikut ini.

π™½πšŠπš‘... π™Έπšπšž πš•πšŠπš‘ πš–πšŠπšπšŽπš›πš’ πš–πšŽπš—πšπšŽπš—πšŠπš’ π™ΌπšŽπš—πš’πš’πš–πš™πšžπš•πš”πšŠπš— πšπšŽπš”πšœ πš™πš’πšπšŠπšπš˜ πš™πšŽπš›πšœπšžπšŠπšœπš’πš... 

π™Ήπš’πš”πšŠ 𝚊𝚍𝚊 πš’πšŠπš—πš πš”πšžπš›πšŠπš—πš πš“πšŽπš•πšŠπšœ, πšœπš’πš•πšŠπš‘πš”πšŠπš— πš•πšŠπš—πšπšœπšžπš—πš πš‘πšžπš‹πšžπš—πšπš’ πš’πš‹πšž 𝚒𝚊 πšœπš‘πš˜πš•πšŽπš‘ πšœπš‘πš˜πš•πšŽπš‘πšŠ πšœπš™πšŠπš•πšπšŠ πš‘πšŽπš‹πšŠπš..

πšƒπšŽπšπšŠπš™ πšœπšŽπš–πšŠπš—πšπšŠπš.... 

π™ΉπšŠπšπšŠ πšœπšŽπš•πšŠπš•πšž πš”πšŽπšœπšŽπš‘πšŠπšπšŠπš— πš”πšŠπš•πš’πšŠπš—... 

πš†πšŠπšœπšœπšŠπš•πšŠπš–πš–πšžπšŠπš•πšŠπš’πš”πšžπš–.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar