KARTU SOAL UH 1
Jenis
Sekolah : SMP Al Azhar 3 Bandarlampung Penyusun
: Tri Esti Rianti, S.Pd.
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII / Ganjil Alokasi Waktu
: 40 Menit
Bentuk
Test : Pilihan Ganda Tahun
Ajaran : 2019/2020
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
||
1
|
B
|
||||
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Objek teks
deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.
a umum
b khusus
c pribadi
d luas
|
||||
MATERI
Ciri isi dan
tujuan teks deskripsi.
|
|||||
INDIKATOR SOAL
Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi
dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
|
|||||
KOMPETENSI DASAR
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
||
2
|
D
|
||||
RUMUSAN
SOAL
Objek/Hal yang Dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ….
a
nama ayahku
b
kehidupan
ayah yang mengerikan
c
sifat ayah
yang pendiam
d
sosok ayahku
|
|||||
MATERI
Mengidentifikasi
ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
|
|||||
|
|||||
INDIKATOR SOAL
Disajikan teks
deskripsi, peserta didik dapat menyebutkan objek yang dideskripsikan
dalam teks tersebut.
|
|||||
KOMPETENSI DASAR
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
||
3
|
A
|
||||
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Rincian
teks “Ayah, Panutanku” adalah
a ciri
fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan
b nama,
wajahnya, orang Batak
c rambutnya,
dagunya, jenggotnya
d sabar,
tidak pernah membentak, sangat pendiam
|
|||||
MATERI
Mengidentifikasi
ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
|
|||||
INDIKATOR SOAL
Disajikan teks deskripsi, peserta didik dapat menyebutkan
objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut.
|
|||||
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
||
4
|
B
|
||||
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Hal yang
menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau
melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan … dari
a manfaat
teks deskripsi
b tujuan
teks deskripsi
c objek
teks deskripsi
d isi
teks deskripsi
|
||||
MATERI
Mengidentifikasi
ciri objek, tujuan, dan isi teks
|
|||||
INDIKATOR SOAL
Disajikan teks deskripsi, peserta didik dapat menyebutkan
objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut.
|
|||||
KOMPETENSI DASAR
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
||
5
|
C
|
||||
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Objek yang
dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang
kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat
pendapat personal, merupakan ciri ….
a manfaat
teks deskripsi
b tujuan
teks deskripsi
c objek
teks deskripsi
d isi
teks deskripsi)
|
|||||
MATERI
Ciri
teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan
|
|||||
INDIKATOR
SOAL
Objek yang
dideskripsikan dalam teks deskripsi
|
|||||
|
||||
KOMPETENSI
DASAR
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
6
|
D
|
|||
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Teks yang diperinci
menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret,
dan bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ….
a manfaat
teks deskripsi
b tujuan
teks deskripsi
c objek
teks deskripsi
d isi
teks deskripsi
|
||||
MATERI
Ciri
teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan
|
||||
INDIKATOR SOAL
Uraian isi teks deskripsi
|
KOMPETENSI DASAR
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
7
|
A
|
|||
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Ditinjau dari
bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi
… dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain.
a berdiri
sendiri sebagai teks
b berupa
paragrap
c berupa
kalimat
d berupa
buku
|
||||
MATERI
Kategori teks deskripsi ditinjau dari bentuk
|
||||
INDIKATOR SOAL
Kategori
teks deskripsi selain menjadi bagian teks lain
|
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menentukan isi teks deskripsi
objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
8
|
C
|
|||
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Rasa hangat berbaur
dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat
tersebut …
a seakan
dapat dilihat
b seakan
dapat didengar
c seakan
dapat dirasakan
d seakan
dapat diraba
|
||||
MATERI
Citraan dalam kalimat
|
||||
INDIKATOR
SOAL
Citraan kalimat seolah-olah dapat dirasakan
|
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menentukan isi teks deskripsi
objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
9
|
D
|
|||
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Teks deskripsi
menggunakan majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yang
bermajas adalah ….
a Ayah
berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
b Meskipun
kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar.
c Beliau
selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.
d Bagai
air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
|
||||
MATERI
Mengidentifikasi
majas
|
||||
INDIKATOR
SOAL
Menentukan kalimat y6ang bermajas
|
KOMPETENSI DASAR
4.1 Menentukan isi teks deskripsi
objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
10
|
A
|
|||
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Ciri Teks Deskripsi
dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….
a Menggunakan
kata-kata umum
b Menggunakan
kalimat rincian
c Menggunakan
kata sinonim
d Menggunakan
majas
.
|
||||
MATERI
Ciri
teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa
|
||||
INDIKATOR
SOAL
Menentukan ciri teks deskripsi dari penggunaan bahasa
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SMP Al Azhar 3 Bandarlampung Penyusun
: Tri Esti Rianti, S.Pd.
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII / Ganjil Alokasi Waktu
: 40 Menit
Bentuk
Test : Pilihan Ganda Tahun
Ajaran : 2019/2020
KOMPETENSI DASAR
|
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
B
|
||
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks narasi
(cerita imajinasi) yang
dibaca
dan didengar.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Pada cerita fantasi
terdapat keajaiban/keanehan/kemisteriusan. Tema fantasi dalam cerita fantasi
adalah........
a Magic,
supranatural, futuristik
b Magic,
supernatural, futuristik
c Majic,
futuristik
d Majic,
supernatural
|
||
MATERI
Ciri umum cerita
fantasi
|
|||
INDIKATOR SOAL
Tema cerita fantasi
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
||
|
D
|
||||
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks narasi
(cerita imajinasi) yang
dibaca
dan didengar.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Ciri umum cerita
fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi yaitu.........
a Terdapat
keajaiban, ide cerita tertutup terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar
lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari
segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup
menonjol.
b Terdapat
keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar
lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari
segi bahasa tidak perlu menggunakan sinonim dengan emosi yang kuat
c Terdapat
keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar
lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat non fiksi,
dari segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata
cukup menonjol.
d Terdapat
keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar
lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari
segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup menonjol.
|
||||
MATERI
Ciri
umum cerita fantasi
|
|||||
INDIKATOR SOAL
Ciri
umum cerita fantasi sebagai teks narasi
|
|||||
KOMPETENSI DASAR
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
||
|
D
|
||||
RUMUSAN
SOAL URAIAN
Jenis cerita fantasi berdasarkan
kesesuaiannya dalam kehidupan nyata ada dua kategori. Cerita fantasi yang
mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan
nyata atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata merupakan cerita
fantasi......
a. Fantasi
total b.
Fantasi sebagian
c. Fantasi
penuh d.
Fantasi irisan
|
|||||
MATERI
Jenis cerita
fantasi
|
|||||
INDIKATOR
SOAL
Jenis
cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama
dalam kehidupan nyata
|
|||||
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
B
|
||
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Cerita fiksi bergenre
dunia imajinatif yang diciptakan penulis dan menceritakan hal yang tidak
mungkin dijadikan biasa disebut ….
a Cerita
pendek
b Cerita
fantasi
c Cerita
rakyat
d Cerita
bersambung
|
||
MATERI
Definisi
cerita fantasi
|
|||
INDIKATOR SOAL
Memahami
pengertian cerita fantasi
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
D
|
||
4.3 Menceritakan kembali isi teks
narasi
(cerita imajinasi) yang didengar dan
dibaca secara
lisan, tulis, dan visual.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Teks
Melihat
kedatangan sekawanan anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik itu dan
yang duduk di sebelahku, jadi gelisah. Dia bergeser rapat ke dekatku.
“Tolong
lindungi saya, Pak,”katanya. “Saya sama sekali tidak terlibat perkelahian
itu. Saya tidak ikut-ikutan.”
Dia
semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia menyadari kalau dia sedang berhadapan
dengan bahaya dan ia sudah terperangkap di antara langit-langit dan dinding
gerbong. Tak ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain sudah tidak
mungkin. Gerbong yang kami tumpangi adalah gerbong terakhir.
Latar tempat dan
waktu pada kutipan cerita tersebut adalah ...
a. Stasiun,
pagi hari. c.
kereta, malam hari.
b. Stasiun,
sore hari. d.
kereta, siang hari.
|
||
MATERI
Latar
tempat dan waktu
|
|||
INDIKATOR SOAL
Disajikan
teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan latar dengan tepat
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
D
|
||
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
...
gairah hidup Aki menjadi berkobar-kobar. Aki kelihatan menjadi lebih muda
dari usianya. Pada usia 60 tahun justru ia kelihatan seperti usia 30 tahun.
Gairah mudanya mendorong hidup aki berubah. Ia yang dahulu menyerah pada
maut, kini ingin bersaing dengan maut untuk memperpanjang hidupnya. Ia ingin
berusia 100 tahun.
Watak tokoh pada
penggalan cerita tersebut adalah ...
a. Penakut c.
bersemangat
b. pemalas
d.
pekerja keras
|
||
MATERI
Watak
tokoh pada cerita
|
|||
INDIKATOR SOAL
Disajikan
teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan watak dengan tepat
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
B
|
||
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL URAIAN
Teks
...
gairah hidup Aki menjadi berkobar-kobar. Aki kelihatan menjadi lebih muda
dari usianya. Pada usia 60 tahun justru ia kelihatan seperti usia 30 tahun.
Gairah mudanya mendorong hidup aki berubah. Ia yang dahulu menyerah pada
maut, kini ingin bersaing dengan maut untuk memperpanjang hidupnya. Ia ingin
berusia 100 tahun.
Amanat yang
tersirat dalam penggalan cerita di atas adalah ...
a. Gairah
hidup Aki berkobar-kobar walaupun sudah tua.
b. Janganlah
menyerah pada keadaan diri, kita harus selalu berusaha.
c. Gairah
muda mendorong untuk hidup selama 100 tahun.
d. Aki
yang dulu menyerah pada maut, kini bersaing dengan maut.
|
||
MATERI
Amanat
|
|||
INDIKATOR SOAL
Disajikan
teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan amanat dengan tepat
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
B
|
||
4.3 Menceritakan kembali isi teks
narasi
(cerita imajinasi) yang didengar dan
dibaca secara
lisan, tulis, dan visual.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL URAIAN
Teks
... gairah hidup
Aki menjadi berkobar-kobar. Aki kelihatan menjadi lebih muda dari usianya.
Pada usia 60 tahun justru ia kelihatan seperti usia 30 tahun. Gairah mudanya
mendorong hidup aki berubah. Ia yang dahulu menyerah pada maut, kini ingin
bersaing dengan maut untuk memperpanjang hidupnya. Ia ingin berusia 100 tahun
Unsur instrinstik
yang tidak terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
a. Tema c.
Amanat
b. Latar
tempat dan waktu d.
Gaya bahasa
|
||
MATERI
Unsur
intrinsik
|
|||
INDIKATOR SOAL
Disajikan
teks cerita fantasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi cerita
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
C
|
||
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi)
yang
dibaca dan
didengar
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Di bawah ini
merupakan struktur teks cerita fantasi secara urut yaitu....
a Komplikasi,
orientasi, resolusi
b Resolusi,
komplikasi, orientasi
c Orientasi,
komplikasi, resolusi
d Orientasi,
resolusi, komplikasi
|
||
MATERI
Struktur
teks cerita fantasi
|
|||
INDIKATOR SOAL
Menyebutkan
struktur teks cerita fantasi secara urut
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
C
|
||
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi)
yang
dibaca dan
didengar
|
RUMUSAN BUTIR SOAL URAIAN
Di bawah ini
merupakan struktur teks cerita fantasi secara urut yaitu....
a Komplikasi,
orientasi, resolusi
b Resolusi,
komplikasi, orientasi
c Orientasi,
komplikasi, resolusi
d Orientasi,
resolusi, komplikasi
|
||
MATERI
Struktur
teks cerita fantasi
|
|||
Menyebutkan
struktur teks cerita fantasi secara urut
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
B
|
||
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi)
yang
dibaca dan
didengar
.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Dalam struktur
cerita fantasi bagian yang berisi tentang hubungan sebab akibat sehingga
muncul masalah hingga masalah itu memuncak merupakan bagian .........
a. Orientasi b.Komplikasi
c. Resolusi d.Resonansi
|
||
MATERI
Ciri
bagian struktur cerita fantasi
|
|||
INDIKATOR SOAL
Ciri
bagian struktur cerita fantasi
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
A
|
||
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi)
yang
dibaca dan
didengar
.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Perhatikan teks di bawah ini!
Teks di atas
merupakan struktur cerita fantasi pada bagian...............
a Orientasi b. Komplikasi c. Resolusi d. Resonansi
|
||
MATERI
Membuat
telaah teks dari segi struktur
|
|||
INDIKATOR SOAL
Telaah
teks struktur cerita fantasi
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
A
|
||
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks
narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan
didengar
.
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Penggunaan kalimat
langsung yang tepat adalah ...
a. “Lekas
pergi Harry, Naga itu sudah menunggumu!” ujar Hagrid.
b. “Ibu
berkata, bahwa malam ini Putri akan datang membawa hadiahnya.”
c. Harry,
lihat ke belakang!, kata Ronan sambil berlari.
d. Petruk
berkata pada Semar bahwa saat ini dia sudah tidak lagi suka berbuat onar.
|
||
MATERI
Ciri
kebahasaan cerita fantasi
|
|||
INDIKATOR SOAL
Menentukan kalimat langsung dengan tepat
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
A
|
||
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks
narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar
|
RUMUSAN BUTIR SOAL URAIAN
1
Kata yang dicetak tebal
pada kalimat berikut ini adalah kata berimbuhan, kecuali ....
a. Sesuatu yang harus dilompati adalah kotak-kotak yang digambar di atas tanah atau lantai semen. b. Gacuk adalah benda pipih yang dilemparkan ke setiap kotak. c. Serunya anak-anak bermain ingkling hingga kini masih dapat ditemui di beberapa kampung di Jogjakarta. d. Setiap peserta berlomba untuk menjadi orang pertama yang berhasil melemparkan gacuk ke semua kotak. |
||
MATERI
Kata
berimbuhan
|
|||
INDIKATOR SOAL
Menentukan kata
berimbuhan dengan tepat
|
KOMPETENSI DASAR
|
No. SOAL
|
KUNCI
|
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs,
VII Edisi Revisi 2016
|
|
B
|
||
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks
narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar
|
RUMUSAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Kumpulan
kata dengan penulisan imbuhan meN- yang tepat terdapat pada ... .
a. Memraktikkan,
membuat, memesona, memperas.
b. Memesona,
mengecat, mencari, mengklasifikasikan.
c. Mempukul,memeri,
menyuci, mengkeras.
d. Mentabrak,
menyanyi, menyium, mensukseskan.
|
||
MATERI
Kata
berimbuhan
|
|||
INDIKATOR SOAL
Menentukan
penulisan kata berimbuhan yang tepat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar