Selasa, 08 Oktober 2019


KARTU SOAL UH 1
Jenis Sekolah    : SMP Al Azhar 3 Bandarlampung          Penyusun                  :  Tri Esti Rianti, S.Pd.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia                                         
Kelas/Semester               :  VII / Ganjil                                                 Alokasi Waktu            :  40 Menit
Bentuk Test        :  Pilihan Ganda                                          Tahun Ajaran               : 2019/2020


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

1
B


3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.


RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Objek teks deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.
a      umum    
b      khusus 
c       pribadi             
d      luas

















MATERI

Ciri isi dan tujuan teks deskripsi.


INDIKATOR SOAL
Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.


KOMPETENSI DASAR
   
3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

2
        D
RUMUSAN SOAL

Objek/Hal yang Dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ….
a       nama ayahku
b      kehidupan ayah yang mengerikan
c       sifat ayah yang pendiam
d      sosok ayahku






MATERI

Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi









INDIKATOR SOAL

Disajikan teks  deskripsi, peserta didik dapat menyebutkan objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut.

KOMPETENSI DASAR

3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

3
A
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

 Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah
a      ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan
b      nama, wajahnya, orang Batak
c       rambutnya, dagunya, jenggotnya
d      sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiam



MATERI
Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi


INDIKATOR SOAL

Disajikan teks  deskripsi, peserta didik dapat menyebutkan objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut.

KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

4
B

3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Hal yang menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan … dari
a      manfaat teks deskripsi
b      tujuan teks deskripsi
c       objek teks deskripsi
d      isi teks deskripsi



MATERI

Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks

INDIKATOR SOAL

Disajikan teks  deskripsi, peserta didik dapat menyebutkan objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut.



KOMPETENSI DASAR

3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

5
        C
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan ciri ….
a      manfaat teks deskripsi
b      tujuan teks deskripsi
c       objek teks deskripsi
d      isi teks deskripsi)

MATERI

Ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan



INDIKATOR SOAL

Objek  yang dideskripsikan dalam teks deskripsi






KOMPETENSI DASAR

3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

6
D
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

Teks yang diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret,  dan bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ….
a      manfaat teks deskripsi
b      tujuan teks deskripsi
c       objek teks deskripsi
d      isi teks deskripsi


MATERI

Ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan




INDIKATOR SOAL

Uraian isi teks deskripsi







KOMPETENSI DASAR

3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

7
A
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain.
a       berdiri sendiri sebagai teks
b      berupa paragrap
c       berupa kalimat
d      berupa buku


MATERI

Kategori teks deskripsi ditinjau dari bentuk


INDIKATOR SOAL

Kategori teks deskripsi selain menjadi bagian teks lain



KOMPETENSI DASAR

4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

8
        C
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …
a       seakan dapat dilihat
b      seakan dapat didengar
c       seakan dapat dirasakan
d      seakan dapat diraba

MATERI

Citraan dalam kalimat



INDIKATOR SOAL

Citraan kalimat seolah-olah dapat dirasakan



KOMPETENSI DASAR

4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.


No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

9
        D
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Teks deskripsi menggunakan majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yang bermajas adalah ….
a      Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
b      Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar.
c       Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.
d      Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.

MATERI

Mengidentifikasi majas



INDIKATOR SOAL

Menentukan kalimat y6ang bermajas



KOMPETENSI DASAR

4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

10
       A
RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….
a      Menggunakan kata-kata umum
b      Menggunakan kalimat rincian
c       Menggunakan kata sinonim
d      Menggunakan majas

.

MATERI

Ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa


INDIKATOR SOAL

Menentukan ciri teks deskripsi dari penggunaan bahasa















KARTU SOAL

Jenis Sekolah    : SMP Al Azhar 3 Bandarlampung          Penyusun                  :  Tri Esti Rianti, S.Pd.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia                                         
Kelas/Semester               :  VII / Ganjil                                                 Alokasi Waktu            :  40 Menit
Bentuk Test        :  Pilihan Ganda                                          Tahun Ajaran               : 2019/2020


KOMPETENSI DASAR

KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

B
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.

RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Pada cerita fantasi terdapat keajaiban/keanehan/kemisteriusan. Tema fantasi dalam cerita fantasi adalah........
a      Magic, supranatural, futuristik
b      Magic, supernatural, futuristik
c       Majic, futuristik
d      Majic, supernatural



MATERI

Ciri umum cerita fantasi

INDIKATOR SOAL

Tema cerita fantasi


KOMPETENSI DASAR

KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016


D

3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.









RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Ciri umum cerita fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi yaitu.........
a      Terdapat keajaiban, ide cerita tertutup terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup menonjol.
b      Terdapat keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari segi bahasa tidak perlu menggunakan sinonim dengan emosi yang kuat
c       Terdapat keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat non fiksi, dari segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup menonjol.
d      Terdapat keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup menonjol.

          
MATERI
Ciri umum cerita fantasi


INDIKATOR SOAL


Ciri umum cerita fantasi sebagai teks narasi





KOMPETENSI DASAR

3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar

No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016


        D
RUMUSAN SOAL URAIAN


Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata ada dua kategori. Cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata merupakan cerita fantasi......
a.   Fantasi  total                                      b. Fantasi  sebagian
c.   Fantasi  penuh                                   d. Fantasi  irisan

MATERI

Jenis cerita fantasi



INDIKATOR SOAL

Jenis cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata




KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

B
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.







RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


 Cerita fiksi bergenre dunia imajinatif yang diciptakan penulis dan menceritakan hal yang tidak mungkin dijadikan biasa disebut ….
a      Cerita pendek
b      Cerita fantasi
c       Cerita rakyat
d      Cerita bersambung

MATERI

Definisi cerita fantasi




INDIKATOR SOAL

Memahami pengertian cerita fantasi





KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

D
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi
(cerita imajinasi) yang didengar dan
dibaca secara lisan, tulis, dan visual.

RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Teks
Melihat kedatangan sekawanan anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik itu dan yang duduk di sebelahku, jadi gelisah. Dia bergeser rapat ke dekatku.
“Tolong lindungi saya, Pak,”katanya. “Saya sama sekali tidak terlibat perkelahian itu. Saya tidak ikut-ikutan.”
Dia semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia menyadari kalau dia sedang berhadapan dengan bahaya dan ia sudah terperangkap di antara langit-langit dan dinding gerbong. Tak ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain sudah tidak mungkin. Gerbong yang kami tumpangi adalah gerbong terakhir.

Latar tempat dan waktu pada kutipan cerita tersebut adalah ...
a.    Stasiun, pagi hari.                             c. kereta, malam hari.
b.    Stasiun, sore hari.                            d. kereta, siang hari.

MATERI

Latar tempat dan waktu




INDIKATOR SOAL

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan latar dengan tepat


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

D
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.







RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


... gairah hidup Aki menjadi berkobar-kobar. Aki kelihatan menjadi lebih muda dari usianya. Pada usia 60 tahun justru ia kelihatan seperti usia 30 tahun. Gairah mudanya mendorong hidup aki berubah. Ia yang dahulu menyerah pada maut, kini ingin bersaing dengan maut untuk memperpanjang hidupnya. Ia ingin berusia 100 tahun.

Watak tokoh pada penggalan cerita tersebut adalah ...
a.    Penakut                                               c. bersemangat
b.    pemalas                                               d. pekerja keras



MATERI

Watak tokoh pada cerita



INDIKATOR SOAL

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan watak dengan tepat


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

B
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar.


RUMUSAN  BUTIR SOAL URAIAN

Teks
... gairah hidup Aki menjadi berkobar-kobar. Aki kelihatan menjadi lebih muda dari usianya. Pada usia 60 tahun justru ia kelihatan seperti usia 30 tahun. Gairah mudanya mendorong hidup aki berubah. Ia yang dahulu menyerah pada maut, kini ingin bersaing dengan maut untuk memperpanjang hidupnya. Ia ingin berusia 100 tahun.

Amanat yang tersirat dalam penggalan cerita di atas adalah ...
a.    Gairah hidup Aki berkobar-kobar walaupun sudah tua.
b.    Janganlah menyerah pada keadaan diri, kita harus selalu berusaha.
c.     Gairah muda mendorong untuk hidup selama 100 tahun.
d.    Aki yang dulu menyerah pada maut, kini bersaing dengan maut.

MATERI

Amanat



INDIKATOR SOAL

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan amanat  dengan tepat


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

B
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi
(cerita imajinasi) yang didengar dan
dibaca secara lisan, tulis, dan visual.



RUMUSAN  BUTIR SOAL URAIAN

Teks
... gairah hidup Aki menjadi berkobar-kobar. Aki kelihatan menjadi lebih muda dari usianya. Pada usia 60 tahun justru ia kelihatan seperti usia 30 tahun. Gairah mudanya mendorong hidup aki berubah. Ia yang dahulu menyerah pada maut, kini ingin bersaing dengan maut untuk memperpanjang hidupnya. Ia ingin berusia 100 tahun

 Unsur instrinstik yang tidak terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
a.    Tema                                                     c. Amanat
b.    Latar tempat dan waktu                                d. Gaya bahasa

MATERI

Unsur intrinsik




INDIKATOR SOAL

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi cerita




KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

C
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar






RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Di bawah ini merupakan struktur  teks  cerita fantasi secara urut yaitu....
a      Komplikasi, orientasi, resolusi
b      Resolusi, komplikasi, orientasi
c       Orientasi, komplikasi, resolusi
d      Orientasi, resolusi, komplikasi

MATERI

Struktur teks cerita fantasi




INDIKATOR SOAL

Menyebutkan struktur teks cerita fantasi secara urut


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

C
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar






RUMUSAN  BUTIR SOAL URAIAN

Di bawah ini merupakan struktur  teks  cerita fantasi secara urut yaitu....
a      Komplikasi, orientasi, resolusi
b      Resolusi, komplikasi, orientasi
c       Orientasi, komplikasi, resolusi
d      Orientasi, resolusi, komplikasi

MATERI

Struktur teks cerita fantasi




Menyebutkan struktur teks cerita fantasi secara urut



KOMPETENSI DASAR

KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

B
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar
.



RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


 Dalam struktur cerita fantasi bagian yang berisi tentang hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak merupakan bagian .........
a. Orientasi                                b.Komplikasi                     
c. Resolusi                                d.Resonansi

MATERI

Ciri bagian struktur cerita fantasi




INDIKATOR SOAL

Ciri bagian struktur cerita fantasi


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

A
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar
.







RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Perhatikan teks di bawah ini!
Teks di atas merupakan struktur cerita fantasi pada bagian...............
a      Orientasi              b. Komplikasi                     c. Resolusi                           d. Resonansi


MATERI

Membuat telaah teks dari segi struktur




INDIKATOR SOAL

Telaah teks struktur cerita fantasi


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

A
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar
.







RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

Penggunaan kalimat langsung yang tepat adalah ...
a.    “Lekas pergi Harry, Naga itu sudah menunggumu!” ujar Hagrid.
b.    “Ibu berkata, bahwa malam ini Putri akan datang membawa hadiahnya.”
c.     Harry, lihat ke belakang!, kata Ronan sambil berlari.
d.    Petruk berkata pada Semar bahwa saat ini dia sudah tidak lagi suka berbuat onar.

MATERI

Ciri kebahasaan cerita fantasi




INDIKATOR SOAL

Menentukan kalimat langsung dengan tepat


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

A
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar





RUMUSAN  BUTIR SOAL URAIAN

1          Kata yang dicetak tebal pada kalimat berikut ini adalah kata berimbuhan, kecuali ....
a. Sesuatu yang harus dilompati adalah kotak-kotak yang digambar di atas tanah atau lantai semen.
b. Gacuk adalah benda pipih yang dilemparkan ke setiap kotak.
c. Serunya anak-anak bermain ingkling hingga kini masih dapat ditemui di beberapa kampung di Jogjakarta.
d. Setiap peserta berlomba untuk menjadi orang pertama yang berhasil melemparkan gacuk ke semua kotak.


MATERI

Kata berimbuhan




INDIKATOR SOAL

Menentukan kata berimbuhan dengan tepat


KOMPETENSI DASAR
No. SOAL
KUNCI
Buku Sumber: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs, VII Edisi Revisi 2016

B
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar





RUMUSAN  BUTIR SOAL PILIHAN GANDA


Kumpulan kata dengan penulisan imbuhan meN- yang tepat terdapat pada ... .
a.    Memraktikkan, membuat, memesona, memperas.
b.    Memesona, mengecat, mencari, mengklasifikasikan.
c.     Mempukul,memeri, menyuci, mengkeras.
d.    Mentabrak, menyanyi, menyium, mensukseskan.


MATERI

Kata berimbuhan



INDIKATOR SOAL

Menentukan penulisan kata berimbuhan yang tepat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar