Selasa, 28 Januari 2020

28 JANUARI 2020 (8A)

Buku Paket Halaman 170 Kelas 8
Pembahasan
Langsung ke intinya aja ya :)



A. Pasangkanlah!

Sebab termasuk konjungsi kausalitas karena memiliki persamaan arti dengan karena. Contoh kalimat; Kini ia dibenci orang sebab perbuatannya yang sering mengadu dombakan orang.
Hendaknya termasuk rekomendasi (saran) karena memiliki persamaan arti dengan sebaiknya. Contoh kalimat; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.
Semenjak termasuk kata depan penanda waktu karena memiliki persamaan arti dengan dari, sejak. Contoh kalimat; Semenjak menjadi ketua kelompok, Tian yang dulunya ramah kini bossy.
Kemudian termasuk konjungsi temporal (bersifat waktu), lebih rincinya temporal sederajat. Contoh kalimat; Kulihat sebuah mobil melaju kencang di jalan raya, kemudian berbelok ke arah gang kecil.
Yaitu termasuk konjungsi penerang. Contoh kalimat; Laptop Yani dipinjam oleh temannya yaitu Popo sejak kemarin siang.

B. Contohkanlah!

Akhirnya termasuk konjungsi (kata hubung) penegas. Contoh kata; Sekian lama aku berkorban untuknya, akhirnya ia mulai membuka hatinya untukku.
Bahwa termasuk konjungsi penjelas. Contoh kata; Ibu tergesa-gesa pulang dengan sepedanya, lalu ia menghampiriku dan berkata bahwa ayah akan segera pulang dari peperangan.
Hendaknya termasuk kata saran/rekomendasi. Hendaknya sama dengan sebaiknya. Contoh kata; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.
Lalu termasuk konjungsi temporal. Contoh kata; Anda pura-pura menjadi orang gila, alihkan perhatian mereka, lalu kami akan menyelinap masuk selama itu.
Karena termasuk konjungsi kausalitas (sebab-akibat). Contoh kata; Anak anda melakukan penyimpangan sosial, karena itu kami terpaksa mengeluarkannya dari sekolah.

C. Contohkanlah!

Sebab adalah hal yang membuat terjadinya sesuatu. Contoh kalimatnya ada di atas ya :)
Penyebab, kata dasarnya sebab. Berarti yang menyebabkan. Contoh kalimat; Rindu adalah penyebab seorang manusia galau.
Penyebabnya berarti yang menyebabkan. Sama seperti yang atas. Contoh kalimat; Diduga seorang anak meninggal, penyebabnya adalah stres berkepanjangan.
Penyebaban bukan kalimat baku, jadinya gak ada artinya yaa :)
Menyebabkan berarti sesuatu yang menjadi sebab. Contoh kalimat; Berlama-lama di depan layar komputer akan menyebabkan mata rusak.
Disebabkan sama artinya yang atas, tapi ini pasif alias lampau. Contoh kalimat; Stres pada anak sekolah disebabkan oleh jadwal sekolah yang terlalu padat.
Oleh sebab itu sama artinya dengan oleh karena itu, merupakan konjungsi antar kalimat. Contoh kalimat; Putra kami melakukan banyak sekali pelanggaran, oleh sebab itu, kami memohon sebesar-besarnya dan berusaha agar hal itu tidak terulang lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar