TUGAS REMEDIAL
DIKERJAKAN KEMBALI SOAL-SOAL DIBAWAH INI DENGAN MENULISKAN JAWABANNYA SAJA, LALU KIRIMKAN HASILNYA MELALUI EMAIL triesti05@gmail.com !!!
BAGI YANG TIDAK REMEDIAL TUGAS KALIAN MEMBACA MATERI DI BAB 9.
I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan
memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!
1.
Dibandingkan dengan karya sastra
sejenis lainnya, novel ini kurang berbobot. Lukisan perwatakan kurang begitu
mendalam, jalan ceritanya terkesan mendatar saja, tidak ada hal-hal yang
menarik perhatian pembaca.
Penggalan teks ulasan di atas merupakan bagian...
A. Simpulan teks C. Latar teks
B. Kelemahan teks D. Keunggulan teks
Penggalan teks ulasan di atas merupakan bagian...
A. Simpulan teks C. Latar teks
B. Kelemahan teks D. Keunggulan teks
2.
Perhatikan data buku berikut!
Judul: Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis: Edi Warsidi
Penerbit: CV Alibaba, Manokwari
Tahun: 2010
Keunggulan:
Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Kelemahan:
Sampul buku kurang sesuai
Teks ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
A. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi
Judul: Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis: Edi Warsidi
Penerbit: CV Alibaba, Manokwari
Tahun: 2010
Keunggulan:
Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Kelemahan:
Sampul buku kurang sesuai
Teks ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
A. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi
dengan penerbit CV
Alibaba, Manokwari, tahun
2010 ini, cukup
berhasil mengemas
penyampaiannya.
Penampilannya yang lugas dan
gaya bahasa sehari-hari
menambah daya tarik.
Sayangnya sampul buku
kurang sesuai.
B. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
B. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
Alibaba,
Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil
mengemas
penyampaiannya. Penampilannya yang
lugas dan gaya
bahasanya yang sehari-hari
menambah daya
tarik. Sampul buku pun sesuai.
C. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
C. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
Alibaba,
Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil
mengemas
penyampaiannya. Penampilannya yang
lugas dan gaya
bahasanya yang sehari-hari
menambah daya
tarik. Sayangnya sampul buku
kurang sesuai dan
membuat pembaca jenuh.
D. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi
D. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi
dengan penerbit
CV Alibaba, Manokwari, tahun
2010 ini, kurang
berhasil mengemas
penyampaiannya.
Penampilannya yang lugas dan
gaya bahasa
sehari-hari menambah daya tarik.
Sayangnya sampul
buku kurang sesuai.
3.
Bacalah teks berikut!
(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.
(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.
Pernyataan berupa keunggulan buku
terdapat pada bagian ….
A. (1) B. (2) C. (3) D.(4)
A. (1) B. (2) C. (3) D.(4)
4.
Perhatikan kalimat berikut!
Di dalam novel Dylan dijelaskan bahwa Milea jatuh cinta pada Dylan karena sifatnya yang romantis dan unik.
Unsur kebahasaan pada kalimat tersebut adalah ….
A. konjungsi penyebab c. Konjungsi temporal
B. konjungsi penerang d. Kalimat saran
Di dalam novel Dylan dijelaskan bahwa Milea jatuh cinta pada Dylan karena sifatnya yang romantis dan unik.
Unsur kebahasaan pada kalimat tersebut adalah ….
A. konjungsi penyebab c. Konjungsi temporal
B. konjungsi penerang d. Kalimat saran
5.
Perhatikan kutipan teks ulasan
berikut!
Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata.
Simpulan isi teks tersebut adalah…
A. Film kehidupan Ustaz Uje menjadi film dakwah
Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata.
Simpulan isi teks tersebut adalah…
A. Film kehidupan Ustaz Uje menjadi film dakwah
yang menggetarkan.
B. Masih jarang film Indonesia yang mengangkat
B. Masih jarang film Indonesia yang mengangkat
tentang kehidupan pendakwah.
C. Film ini akan menjadi alternatif film biografi yang
C. Film ini akan menjadi alternatif film biografi yang
menyentuh hati.
D. Film tentang Ustaz Uje ini didukung oleh para
D. Film tentang Ustaz Uje ini didukung oleh para
pemain jempolan.
6.
Pernyataan berikut yang tidak tepat
dipergunakan untuk mengungkapkan kekurangan sebuah puisi dalam teks ulasan
adalah …
A. Puisi kontemporer karangan Sutardji Calzoum
A. Puisi kontemporer karangan Sutardji Calzoum
Bachri memang
memiliki gaya bahasa yang sangat
khas. Kredo yang
diangkat berkenaan dengan
mantra-mantra
sehingga cukup unik untuk dibaca.
B. Banyak puisi-puisi modern yang tidak lagi
B. Banyak puisi-puisi modern yang tidak lagi
mementingkan aturan
dalam penulisan. Namun,
justru dengan
terlepasnya aturan penulisan
tersebut yang
menyebabkan penulis masa kini
tidak mengalami
keterpenjaraan dalam menulis
suatu karya.
C. Puisi-puisi Chairil Anwar memang sarat akan
C. Puisi-puisi Chairil Anwar memang sarat akan
makna. Namun,
banuak sekali puisi-puisinya yang
terlampau bebas
gaya bahasanya yang terkesan
sarkasme
sehingga tidak semua puisinya dapat
dikonsumsi
anak-anak kecil.
D. Puisi angkatan kemerdekaan mengungkapkan
D. Puisi angkatan kemerdekaan mengungkapkan
makna nasionalis
dan rasa cinta terhadap bangsa
dan menentang
masa penjajahan di masa lampau
sehingga
puisi-puisi zaman itu dianggap sangat
berani.
7.
Perhatikan kalimat berikut!
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan. Maksud kalimat tersebut adalah ….
A. novel tersebut terdapat banyak gaya bahasa dan
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan. Maksud kalimat tersebut adalah ….
A. novel tersebut terdapat banyak gaya bahasa dan
mampu memengaruhi pembaca secara
emosi
mengikuti isi novel
B. novel tersebut bahasanya indah dan terdapat kata-
B. novel tersebut bahasanya indah dan terdapat kata-
kata yang mengandung sihir yang
dapat membuat
mereka menangis dan bahagia
C. novel tersebut bahasanya berbelit-belit karena
C. novel tersebut bahasanya berbelit-belit karena
penuh dengan majas yang digunakan
oleh
pengarang
D. novel tersebut mengandung kalimat-kalimat yang
D. novel tersebut mengandung kalimat-kalimat yang
dapat menguras air mata para
pembaca.
8.
Teks ulasan adalah teks yang berisi
tinjauan suatu karya untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang
dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak
ramai. Karya yang dimaksud dapat berupa berikut, kecuali...
a. Buku kumpulan cerpen c. Film
b. Pementasan teater d. Radio
a. Buku kumpulan cerpen c. Film
b. Pementasan teater d. Radio
9.
Urutan struktur teks ulasan yang
benar adalah...
a. Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
b. Identitas karya, sinopsis, analisis, evaluasi
c. Identitas karya, orientasi, analisis, sinopsis, evaluasi
d. Identitas karya, orientasi, analisis, evaluasi, sinopsis
a. Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
b. Identitas karya, sinopsis, analisis, evaluasi
c. Identitas karya, orientasi, analisis, sinopsis, evaluasi
d. Identitas karya, orientasi, analisis, evaluasi, sinopsis
10. Dari sana Aria ingin memberi isyarat bahwa sudah
waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam
masyarakat kita.
Pada kalimat di atas terdapat penggunaan kata sambung, yaitu...
a. Konjungsi penyebab c. Konjungsi temporal
b. Konjungsi penerang d. Ungkapan saran
Pada kalimat di atas terdapat penggunaan kata sambung, yaitu...
a. Konjungsi penyebab c. Konjungsi temporal
b. Konjungsi penerang d. Ungkapan saran
11. Berikut ini yang tidak termasuk langkah-langkah menulis teks
ulasan karya sastra adalah...
a. Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
b. Menilai isi karya sastra yang diulas
c. Menaksir jumlah buku percetakan
d. Menentukan bagian yang menarik dari karya satra
a. Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
b. Menilai isi karya sastra yang diulas
c. Menaksir jumlah buku percetakan
d. Menentukan bagian yang menarik dari karya satra
12. Di bawah ini merupakan inti teks persuasi, kecuali ....
a. argumentasi c.
ajakan
b. fakta d.
penegasan kembali
13. Teks persuasi merupalan teks yang berisi ...
a. penjelasan c.
himbauan
b. urutan peristiwa d.
langkah-langkah
14. Rumusan akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan
pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan
...
a. simpulan c.
argumentasi
b. ajakan d.
fakta
15. Berikut adalah langkah-langkah untuk merumuskan simpulan,
kecuali ...
a. Membaca keseluruhan isi teks.
b. Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks itu.
c. Memahami hubungan logis antarbagian penting teks
itu.
d. Mencatat ulang antarbagian penting teks itu.
16. Struktur teks persuasi adalah ...
a.Pengenalan isu - pernyataan ajakan - rangkaian
argumen - penegasan
kembali.
b. Pengenalan isu - rangkaian argumen - pernyataan
ajakan - penegasan
kembali.
c. Pernyataan ajakan - pengenalan isu - rangkaian
argumen -
penegasan kembali.
d. Rangkaian argumen - pernyataan ajakan –
pengenalan isu -
penegasan kembali.
17. Ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh
karena itulah merupakan ciri kebahasaan dari struktur ....
a. Penegasan kembali c.
Pernyataan ajakan
b. Pengenalan isu d.
Rangkaian argumen
18. Berikut adalah ciri kebahasaan teks persuasi, kecuali ...
a. menggunakan kata kerja mental.
b. menggunakan kata penghubung argumentatif.
c. menggunakan kata penghubung urutan
d. menggunakan kata-kata perujukan
19. Bacalah kutipan teks berikut!
Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model
yang baik untuk anak-anak. Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat
pembaca di berbagai media cetak. Protes sebagian besar dilakukan oleh ibu-ibu.
Mereka menyatakan bahwa Shincan mempunyai kelakuan negatif yang tenyata banyak
diikuti oleh anak-anak. Tokoh Shincan memang mempunyai karakter sebagai penebar
virus yang berbahaya.
Apakah simpulan dari kutipan teks di atas?
a.
Tokoh kartun Shincan dianggap tidak
dapat
dijadikan model yang baik untuk anak-anak.
b.
Banyak protes yang ditujukan
kepadanya melalui
surat pembaca di berbagai media cetak.
c.
Shincan mempunyai kelakuan negatif
yang ternyata banyak diikuti oleh anak-anak.
d.
Tokoh Shincan mempunyai karakter
sebagai
penebar virus yang berbahaya.
20. Bacalah teks kutipan berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan
kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan
mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima
persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok
menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk
membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan
merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
Kalimat di atas yang menunjukkan
ajakan adalah ...
a.
Betapa sulitnya seorang pecandu
rokok untuk
menghentikan kebiasaan merokoknya.
b.
Seberapa mahal pun harga rokok tidak
dapat
menghentikan mereka.
c.
Hentikan merokok sebelum candu rokok
melekat
pada diri Anda.
d.
Di Shanghai, Cina, petani dan
perokok
menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada
yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan
utama mereka.
II.
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI
DENGAN BENAR!
1. Apa
yang dimaksud dengan teks ulasan...
2. Sebutkan
ciri-ciri teks ulasan…
3. Hal
yang perlu diperhatikan dalam mengulas buku adalah…
4. Sebutkan
isi dari identitas buku…
5. Paragraf
pertama dari sebuah teks ulasan berisi tentang …
6. Teks
persuasi bersifat ajakan dan cenderung "mempromosikan" sesuatu yang
diperlukan oleh…
7. Jelaskan
pengertian simpulan dalam teks persuasi adalah…
8. Sebutkan
struktur teks persuasi…
9. Bagaimana
cara merumuskan kesimpulan untuk teks persuasi…
10.Jelaskan
pengertian dari teks persuasi…
Mksh bu
BalasHapusOk,terima kasih Bu
BalasHapus[Rafeifa 8A]
Ok makasi bu
BalasHapusRaissa Aulia 8A
Ok bu, terimakasih
BalasHapus~Attardika l. 8A
Oke bu, terimakasih
BalasHapusOk Bu trmksh
BalasHapus-lala 8a
Ok bu, Terima Kasih
BalasHapus- Daffa 8A
Ok makasi bu
BalasHapus-alina 8a
Oke bu,terima kasih
BalasHapus~thabita 8a
OK bu makasi
BalasHapus- Nabila putri 8a -
Oke Bu terima kasih
BalasHapus-akbar 8a
Oke bu, makasiii
BalasHapus—azzura8a
Oke bu terimakasih
BalasHapusAzra 8A
Ok bu terimakasih
BalasHapus-ikhsan 8a
Ok bu terima kasih
BalasHapus-firza8a
ok bu, makasihh
BalasHapus—bilqis 8a
Ok bu terima kasih
BalasHapus-vika 8A
Terima kasih bu
BalasHapusNabila AN 8A
OKe bu, Terima Kasih
BalasHapus-Ariel 8A
Ok bu
BalasHapusAqila 8a
OK BU -ZAKY 8A
BalasHapusOk Bu
BalasHapusFarel 8a
Oke bu, terimakasih:)
BalasHapusMayviska Rudinawati 8A