Senin, 12 Oktober 2020

SENIN, 12 OKTOBER 2020 (VIIA - VIIF)

 

RANCANGAN PENILAIAN/ KISI-KISI PTS GANJIL

KELAS VII/ SEMESTER GANJIL

2020/2021

 

KD

Indikator Pencapaian Kompetensi

Sebaran Soal

Materi

Indikator Soal

SOAL  

Skor

Bentuk Soal

Jm. Soal

3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 

 

 

Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 

Dapat menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 Dapat  menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 

 

Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 

Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Ciri isi dan tujuan teks deskripsi.

 

 

 

 

 

 

 

             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi

 

 

Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi

 

 

 

Ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan

 

 

 

 

Ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan

 

 

Mengidentifikasi jenis teks deskripsi

 

 

 

 

 

 

Mendaftar ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi

 

 

 

Mengidentifikasi majas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa

Disajikan teks cerita

 fabel yang  disusun

 secara acak,  peserta

didik dapat                   men   mengurutkan bagian-bagn   bagian teks tersebut

 dengan tepat.

 

 

 

Disajikan teks  deskripsi, peserta didik dapat menyebutkan objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut.

1           Objek teks deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.

a      umum    

b      khusus            

c       pribadi             

d      luas

 

 

 

 

2           Objek/Hal yang Dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ….

a       nama ayahku

b      kehidupan ayah yang mengerikan

c       sifat ayah yang pendiam

d      sosok ayahku

 

 

3           Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah

a      ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan

b      nama, wajahnya, orang Batak

c       rambutnya, dagunya, jenggotnya

d      sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiam

 

 

4           Hal yang menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan … dari

a      manfaat teks deskripsi

b      tujuan teks deskripsi

c       objek teks deskripsi

d      isi teks deskripsi

 

5           Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan ciri ….

a      manfaat teks deskripsi

b      tujuan teks deskripsi

c       objek teks deskripsi

d      isi teks deskripsi

 

6           Teks yang diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret,  dan bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ….

a      manfaat teks deskripsi

b      tujuan teks deskripsi

c       objek teks deskripsi

d      isi teks deskripsi

 

7           Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain.

a       berdiri sendiri sebagai teks

b      berupa paragrap

c       berupa kalimat

d      berupa buku

 

8           Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …

a       seakan dapat dilihat

b      seakan dapat didengar

c       seakan dapat dirasakan

d      seakan dapat diraba

 

9           Teks deskripsi menggunakan majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yang bermajas adalah ….

a      Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.

b      Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar.

c       Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.

d      Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.

 

10       Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….

a      Menggunakan kata-kata umum

b      Menggunakan kalimat rincian

c       Menggunakan kata sinonim

d      Menggunakan majas

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

RANCANGAN PENILAIAN/ KISI-KISI (ULANGAN HARIAN 2)

KELAS VII/ SEMESTER GANJIL 2016/2017

 

 

KD

Indikator Pencapaian Kompetensi

Sebaran Soal

Materi

Indikator Soal

SOAL

Skor

Bentuk Soal

Jm. Soal

3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks

narasi (cerita imajinasi) yang dibaca

dan didengar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi

(cerita imajinasi) yang didengar dan

dibaca secara lisan, tulis, dan visual.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan

teks narasi (cerita imajinasi) yang

dibaca dan didengar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan

menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang

dibaca/didengar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyimpulkan urutan cerita fantasi

 

 

 

 

 

Merinci struktur cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi

(orientasi, komplikasi, resolusi)

 

 

 

 

Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memperbaiki cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan

tanda baca

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

1

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

Ciri umum cerita fantasi

 

 

 

 

 

Ciri umum cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis cerita fantasi

 

 

 

 

Definisi cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

Latar tempat dan waktu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sudut pandang cerita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Watak tokoh pada cerita

 

 

 

Amanat

 

 

 

 

 

 

 

 

Unsur intrinsik

 

 

 

 

 

 

Struktur teks cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ciri bagian struktur cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

Membuat telaah teks dari segi struktur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ciri kebahasaan cerita fantasi

 

 

 

 

Kata berimbuhan

 

 

 

 

 

 

Kata berimbuhan

Tema cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

Ciri umum cerita fantasi sebagai teks narasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata

 

 Memahami pengertian cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan latar dengan tepat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan sudut pandang dengan tepat

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan watak dengan tepat

 

 

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan amanat  dengan tepat

 

 

 

 

Disajikan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi cerita

 

 

 

Menyebutkan struktur teks cerita fantasi secara urut

 

 

 

 

 

 

 

 

Ciri bagian struktur cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Telaah teks struktur cerita fantasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menentukan kalimat langsung dengan tepat

 

 

 

 

 

Menentukan kata berimbuhan dengan tepat

 

 

 

 

 

 

Menentukan penulisan kata berimbuhan yang tepat

1          Pada cerita fantasi terdapat keajaiban/keanehan/kemisteriusan. Tema fantasi dalam cerita fantasi adalah........

a       Magic, supranatural, futuristik

b       Magic, supernatural, futuristik

c       Majic, futuristik

d       Majic, supernatural

 

 

2          Ciri umum cerita fantasi sebagai salah satu jenis teks narasi yaitu.........

a       Terdapat keajaiban, ide cerita tertutup terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup menonjol.

b       Terdapat keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari segi bahasa tidak perlu menggunakan sinonim dengan emosi yang kuat

c       Terdapat keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat non fiksi, dari segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup menonjol.

d       Terdapat keajaiban, ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, menggunakan latar lintas ruang dan waktu, tokoh unik (memiliki kesaktian), bersifat fiksi, dari segi bahasa penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasimkata cukup menonjol.

 

 

3          Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata ada dua kategori. Cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata merupakan cerita fantasi......

a.   Fantasi  total                                             b. Fantasi  sebagian

c.   Fantasi  penuh                                                                d. Fantasi  irisan

 

 

 

4          Cerita fiksi bergenre dunia imajinatif yang diciptakan penulis dan menceritakan hal yang tidak mungkin dijadikan biasa disebut ….

a       Cerita pendek

b       Cerita fantasi

c       Cerita rakyat

d       Cerita bersambung

 

 

 

 

Teks

Melihat kedatangan sekawanan anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik itu dan yang duduk di sebelahku, jadi gelisah. Dia bergeser rapat ke dekatku.

“Tolong lindungi saya, Pak,”katanya. “Saya sama sekali tidak terlibat perkelahian itu. Saya tidak ikut-ikutan.”

Dia semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia menyadari kalau dia sedang berhadapan dengan bahaya dan ia sudah terperangkap di antara langit-langit dan dinding gerbong. Tak ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain sudah tidak mungkin. Gerbong yang kami tumpangi adalah gerbong terakhir.

 

Latar tempat dan waktu pada kutipan cerita tersebut adalah ...

a.      Stasiun, pagi hari.                                c. kereta, malam hari.

b.     Stasiun, sore hari.                               d. kereta, siang hari.

 

 

 

5          Sudut pandang cerita tersebut adalah ...

a.      Orang pertama                                      c. orang ketiga

b.     Orang kedua                                            d. orang pertama dan kedua

 

 

 

Teks

... gairah hidup Aki menjadi berkobar-kobar. Aki kelihatan menjadi lebih muda dari usianya. Pada usia 60 tahun justru ia kelihatan seperti usia 30 tahun. Gairah mudanya mendorong hidup aki berubah. Ia yang dahulu menyerah pada maut, kini ingin bersaing dengan maut untuk memperpanjang hidupnya. Ia ingin berusia 100 tahun.

 

6          Watak tokoh pada penggalan cerita tersebut adalah ...

a.      Penakut                                                      c. bersemangat

b.     pemalas                                                     d. pekerja keras

 

 

 

 

7          Amanat yang tersirat dalam penggalan cerita di atas adalah ...

a.      Gairah hidup Aki berkobar-kobar walaupun sudah tua.

b.     Janganlah menyerah pada keadaan diri, kita harus selalu berusaha.

c.      Gairah muda mendorong untuk hidup selama 100 tahun.

d.     Aki yang dulu menyerah pada maut, kini bersaing dengan maut.

 

 

 

 

 

8          Unsur instrinstik yang tidak terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah ...

a.      Tema                                                                                    c. Amanat

b.     Latar tempat dan waktu                                         d. Gaya bahasa

 

 

 

 

9          Di bawah ini merupakan struktur  teks  cerita fantasi secara urut yaitu....

a       Komplikasi, orientasi, resolusi

b       Resolusi, komplikasi, orientasi

c       Orientasi, komplikasi, resolusi

d       Orientasi, resolusi, komplikasi

 

10      Di bawah ini merupakan struktur  teks  cerita fantasi secara urut yaitu....

a       Komplikasi, orientasi, resolusi

b       Resolusi, komplikasi, orientasi

c       Orientasi, komplikasi, resolusi

d       Orientasi, resolusi, komplikasi

 

11      Dalam struktur cerita fantasi bagian yang berisi tentang hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak merupakan bagian .........

a. Orientasi                                b.Komplikasi                                           c. Resolusi                                  d.Resonansi

 

 

 

 

 

 

12      Perhatikan teks di bawah ini!

Teks di atas merupakan struktur cerita fantasi pada bagian...............

a       Orientasi    b. Komplikasi                                         c. Resolusi                                                d. Resonansi

 

 

13      Penggunaan kalimat langsung yang tepat adalah ...

a.      “Lekas pergi Harry, Naga itu sudah menunggumu!” ujar Hagrid.

b.     “Ibu berkata, bahwa malam ini Putri akan datang membawa hadiahnya.”

c.      Harry, lihat ke belakang!, kata Ronan sambil berlari.

d.     Petruk berkata pada Semar bahwa saat ini dia sudah tidak lagi suka berbuat onar.

 

14      Kata yang dicetak tebal pada kalimat berikut ini adalah kata berimbuhan, kecuali ....
a. Sesuatu yang harus dilompati adalah kotak-kotak yang digambar di atas tanah atau lantai semen.
b. Gacuk adalah benda pipih yang dilemparkan ke setiap kotak.
c. Serunya anak-anak bermain ingkling hingga kini masih dapat ditemui di beberapa kampung di Jogjakarta.
d. Setiap peserta berlomba untuk menjadi orang pertama yang berhasil melemparkan gacuk ke semua kotak.

 

 

 

15      Kumpulan kata dengan penulisan imbuhan meN- yang tepat terdapat pada ... .

a.      Memraktikkan, membuat, memesona, memperas.

b.     Memesona, mengecat, mencari, mengklasifikasikan.

c.      Mempukul,memeri, menyuci, mengkeras.

d.     Mentabrak, menyanyi, menyium, mensukseskan.

 

 

10

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

10

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

RANCANGAN PENILAIAN/ KISI-KISI PTS GANJIL

KELAS VIII/ SEMESTER GANJIL

2020/2021

 

KD

Indikator Pencapaian Kompetensi

Sebaran Soal

Materi

Indikator Soal

SOAL  

Skor

Bentuk Soal

Jm. Soal

Teks Cerita Moral

 3.1 Memahami teks cerita moral/fabel n  baik melalui lisan atau tulisan

 

 

 

 

 

 

4.4 Meringkas teks

       cerita fabel 

       baik secara lisan

       Maupun tulisan

Mampu menjawab isi yang

Berhubungan cerita moral/fabel “Ir.

Soekarno”

 

 

 

 

 

 

 

Mampu meringkas teks

cerita fabel cecara lisan

maupun tulisan

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Pemahaman isi teks biografi “Ir. Sukarno

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks cerita

Struktur

Fitur ba-

hasa

Langkah-

langkah meringkas

Disajikan teks cerita

 fabel yang  disusun

 secara acak,  peserta

didik dapat                   men   mengurutkan bagian-bagn   bagian teks tersebut

 dengan tepat.

 

 

 

Disajikan teks cerita fa-

bel , peserta didik dapat meringkas teks fabel.

1.      Berdasarkan teks cerita tersebut susunlah teks dengan mengurutkan nomor paragraf secara logis berdasarkan struktur teks cerita moral/fabel!

(teks terlampir)

 

 

 

 

 

2.Ringkaslah teks tersebut dengan kalimatmu

    sendiri dengan mengklasifikasikan ke dalam

    struktur teks cerita moral!

    (teks terlampir)

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar