KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
BAHASA INDONESIA KELAS VII
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2020-2021
KOMPETENSI DASAR |
Indikator |
No. soal |
|||||||||
3.1
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca |
1. |
Menentukan teks deskripsi dilihat dari isinya |
x |
||||||||
2. |
Menentukan tujuan pada teks deskripsi |
x |
|||||||||
3. |
Menentukan teks deskripsi dilihat dari objek yang di deskripsikan. |
x |
|||||||||
4. |
Menentukan sinonim kata dalam teks deskripsi |
x |
|||||||||
5. |
Menentukan penggunaan kata khusus teks deskripsi |
x |
|||||||||
4.1 Menjelaskan
isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni
daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan,
tulis, dan isual. |
6. |
Menyimpulkan isi teks
deskripsi |
x |
||||||||
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat
wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar
dan dibaca. |
7. |
Menentukan struktur teks deskripsi |
x |
||||||||
8. |
Menentukan isi teks deskripsi |
|
|||||||||
9. |
Menentukan jenis pengembangan deskripsi bagian |
x |
|||||||||
10. |
Menentukan ketepatan penggunaan huruf kapital |
x |
|||||||||
11. |
Menentukan kalimat yang menggunakan cercapan pancaindra |
x |
|||||||||
12. |
Menemukan kesalahan dan memperbaiki penggunaan
awalan me- pada kata dasar KPTS yang terdapat pada teks deskripsi |
x |
|||||||||
13. |
Menentukan ketepatan penggunaan kata depan di dan awalan di- |
X |
|||||||||
4.2 Menyajikan
data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara
tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan
baik secara lisan maupun tulis |
14. |
Melengkapi teks deskripsi |
kata-kata |
yang |
dirumpangkan |
pada |
X |
||||
15. |
Melengkapi kalimat yang dirumpangkan pada
teks deskripsi |
X |
|||||||||
3.3
Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar. |
16. |
Menentukan fantasi |
keajaiban |
yang |
terjadi dalam |
teks |
X |
||||
17. |
Menentukan latar tempat dalam teks fantasi |
X |
|||||||||
18. |
Menentukan latar waktu teks fantasi |
X |
|||||||||
19. |
Menentukan jenis teks fantasi |
X |
|||||||||
4.3 Menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan fisual. |
20. |
Menentukan tema teks fantasi |
x |
||||||||
21. |
mengurutkan kejadian/ peristiwa pada teks fantasi |
|
|||||||||
22. |
Menentukan watak tokoh utama dalam teks
fantasi |
x |
|||||||||
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar. |
23. |
Menentukan bagian struktur teks fantasi |
x |
||||||||
24. |
Menentukan isi teks fantasi |
x |
|||||||||
25. |
Menentukan kata hubung penanda urutan waktu pada teks fantasi |
x |
|||||||||
26. |
Mentukan teks fantasi |
pola |
pengembangan |
orientasi |
struktur |
|
|||||
27. |
Menentukan kalimat langsung yang terdapat pada penggalan teks fantasi. |
|
|||||||||
4.4 Menyajikan
gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, penggunaan bahasa,
atau aspek lisan |
28. |
Melengkapi
kalimat rumpang teks fantasi |
|
||||||||
KOMPETENSI DASAR |
Indikator |
No. soal |
|
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas
daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. |
29. |
Menentukan tujuan teks prosedur |
|
30. |
Menentukan ciri bahasa (kalimat perintah) yang terdapat pada teks prosedur |
|
|
31. |
Menentukan ciri kebahasaan (kalimat yang menunjukkan ukuran) pada teks prosedur |
|
|
32. |
Menentukan isi teks prosedur. |
|
|
33. |
Menentukan jenis teks prosedur |
|
|
4.5 Menyimpulkan
isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah,
cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner
khas daerah) yang dibaca dan
didengar. |
34. |
Menentukan ringkasan isi
teks prosedur |
|
3.6 Menelaah
struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat
kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. |
35. |
Menentukan struktur teks Prosedur |
|
36. |
Menentukan isi penjelasan struktur teks prosedur |
|
|
37. |
Menentukan kalimat aktif/ pasif dalam teks prosedur |
|
|
38. |
Mentukan kaliamt perintah/ larangan dalam teks prosedur |
|
|
39. |
Menemtukan kata keterangan dalam kalimat yang terdapat pada teks prosedur. |
|
|
41. |
Menentukan kalimat saran dalam kalimat yang terdapat pada teks prosedur |
|
|
4.6 Menyajikan data
rangkaian kegiatan
ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah,
tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis |
42. |
Mengurutkan secara logis kalimat acak pada cuplikan teks prosedur |
|
43. |
Melengkapi kalimat rumpang
pada teks prosedur |
|
|
3.7
Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku
pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. |
44. |
Menentukan ciri teks laporan hasil observasi |
|
45. |
Menentukan istilah /kata ilmiah yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi |
|
|
46. |
Menentukan kalimat definisi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi. |
|
|
47. |
Menentukan kaliamt klasifikasi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi. |
|
|
4.7 Menyimpulkan isi teks
laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar. |
48. |
Menentukan kalimat utama isi teks laporan hasil observasi |
|
49. |
Menentukan gagasan utama isi teks laporan hasil observasi |
|
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. |
50. |
Menentukan struktur teks laporan hasil observasi |
|
51. |
Menentukan
isi penjelasan struktur teks laporan hasil
observasi ? |
|
|
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil
observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan. |
52. |
Menentukan ringkasan isi teks laporan hasil
observasi |
|
Bandarlampung,
September 2020 Tim Penulis Soal Kls VII
Tidak ada komentar:
Posting Komentar