- Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
- Kelas : VIIIA dan VIIIB
- Materi : Teks Iklan, Slogan, dan
Poster
- Pertemuan : Ke 7 Dari 8
- Guru Pengampu : Tri Esti Rianti, S.Pd.
- Waktu Pembelajaran : Senin, 11-09-2023
- Kompetensi Dasar :
3.4 Menelaah pola penyajian dan
kebahasaan teksiklan,slogan,proses
(yang membuat bangga dan
memotivasi) dari berbagai sumber
yang dibaca dan didengar.
- Tujuan Pembelajaran :
Diharapkan peserta didik mampu
Menentukan ciri iklan dengan tepat,
Menentukan ciri slogan dengan tepat,
Menentukan ciri poster dengan benar, dan
Membedakan iklan,slogan dan poster
dengan benar
Assalammualaikum Wr. Wb.
Apa kabar anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat ya nak..
Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas materi tentang Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan, Slogan, dan Poster, ada yang masih ingat nak tentang struktur teks iklan yaitu
orientasi: bagian awal yang berisi perkenalan mengenai produk atau jasa.
tubuh iklan: membahas inti dari apa yang ingin dipromosikan atau ditawarkan dalam iklan.
justifikasi: bagian akhir yang berisi penjelasan yang memudahkan publik mengakses barang atau jasa yang ditawarkan.
Kaidah kebahasaan dalam teks iklan, slogan, dan poster adalah (1) menggunakan kalimat persuasif; (2) menggunakan kalimat fakta dan opini; (3) menggunakan kalimat singkat, padat, dan jelas; (4) menggunakan subjek orang pertama (kami, kita, saya, aku).
Setelah kita membahas pengertian kita akan melanjutkan Penugasan tentang Menelaah struktur dan unsur kebahasaan pada Teks Iklan, Slogan, dan Poster. Silahkan kalian pahami materi dibawah ini. .
Penugasan
Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Iklan, Slogan, dan Poster
Video diatas ini menjelaskan tentang Struktur dan Kebahasaan Teks Iklan, Slogan, dan Poster, silahkan kalian simak video diatas ..
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tuliskan pola penyajian teks iklan, slogan, atau poster!
Jawab: ............................................................................................................................................................................
2. Sebutkan struktur teks iklan!
Jawab: ............................................................................................................................................................................
3. Jelaskan contoh kata persuasif dalam iklan!
Jawab: ............................................................................................................................................................................
Perhatikan iklan berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
4. Apa judul teks iklan tersebut?
Jawab: ............................................................................................................................................................................
5. Apa saja struktur iklan yang ada pada iklan tersebut?
Jawab: ............................................................................................................................................................................
Kesimpulan :
Struktur teks iklan
orientasi: bagian awal yang berisi perkenalan mengenai produk atau jasa.
tubuh iklan: membahas inti dari apa yang ingin dipromosikan atau ditawarkan dalam iklan.
justifikasi: bagian akhir yang berisi penjelasan yang memudahkan publik mengakses barang atau jasa yang ditawarkan.
Kaidah kebahasaan dalam teks iklan, slogan, dan poster adalah (1) menggunakan kalimat persuasif; (2) menggunakan kalimat fakta dan opini; (3) menggunakan kalimat singkat, padat, dan jelas; (4) menggunakan subjek orang pertama (kami, kita, saya, aku).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar