Senin, 30 Oktober 2023

TEKS PUISI

- Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
- Kelas                     : VIIIA dan VIIIB
- Materi                   : Teks Puisi 
- Pertemuan           : Ke 1 Dari 8
- Guru Pengampu  : Tri Esti Rianti, S.Pd.
- Waktu Pembelajaran  : Senin, 30-10-2023
Kompetensi Dasar:
3.7  Mengidentifikas unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.

Tujuan Pembelajaran:

1.      Mengamati beberapa teks puisi.

2.      Mengidentifikasi pengertian puisi secara benar.

3.      Menjelaskan pengertian puisi secara benar.

4.      Mengidentifikasi unsur-unsur pembentuk puisi secara benar.

5.      Mendiskusikan unsur-unsur pembentuk puisi secara benar.

6.      Menjelaskan unsur-unsur pembentuk puisi secara benar.


TEKS PUISI



Assalammualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan ya nak.

Di pertemuan sebelumnya kita telah membahas materi tentang Teks Eksposisi, siaap yang masih ingat tentang Teks Eksposisi? Ya benar jadi Teks eksposisi adalah sebuah bentuk teks atau tulisan yang memuat tentang informasi maupun pengetahuan. Secara umum, teks eksposisi sendiri memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan atau uraian mengenai suatu ide, pokok pikiran, pendapat, informasi, maupun pengetahuan kepada pembaca tanpa bermaksud memengaruhi.
Dan di pertemuan hari ini kita memasuki materi baru yaitu mengenai tentang Teks Puisi, silahkan kalian pahami materi dibawah ini.


• Pengertian Puisi
Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Puisi mengungkapkan berbagai hal seperti kerinduan, kegelisahan, atau penganggungan kepada sang Khalik yang diungkapkan dalam bahasa indah.

• Ciri-Ciri Puisi
1.      Memperhatikan diksi (pemilihan kata)
2.      Memperhatikan bentuk (tipografi)
3.      Terikat oleh rima dan irama
4.      Menggunakan majas atau gaya bahasa
         yang dinamis (berubah-ubah) dan
         kiasan
5.      Diketahui nama pengarangnya
6.      Dalam pengembangannya secara lisan
         dan tulis

• Unsur-unsur Puisi
a)      Majas dan Irama
Majas adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Untuk menimbulkan kesan-kesan tersebut, bahasa yang dipergunakan berupa perbandingan, pertentangan, perulangan, dan perumpamaan.

Irama adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang. Irama berfungsi untuk memberi jiwa pada kata-kata dalam sebuah puisi yang pada akhirnya dapat membangkitkan emosi tertentu seperti sedih, kecewa, marah, rindu, dan bahagia.

b)      Penggunaan Kata-Kata Konotasi
Kata konotasi adalah kata yang bermakna tidak sebenarnya. Kata itu telah mengalami penambahan-penambahan, baik itu berdasarkan pengalaman, kesan, maupun imajinasi, dan perasaan penyair.
 
c)      Kata-Kata Berlambang
Lambang atau simbol adalah sesuatu seperti gambar, tanda, ataupun kata yang menyatakan maksud tertentu. Misalnya pada puisi “Hujan Bulan Juni” lambang lambang yang dimaksud antara lain, dinyatakan dengan kata Hujan dan Bunga. Hujan merupakan perlambangan bagi kebaikan ataupun kesuburan, sementara bunga bermakna keindahan.

d)     Pengimajinasian dalam Puisi
Pengimajinasian adalah kata atau susunan kata yang dapat menimbulkan khayalan atau imajinasi. Dengan adanya imajinasi tersebut, pembaca seolah-olah merasa, mendengar, atau melihat sesuatu yang diungkapkan penyair.

Baik itulah materi tentang Pengertian Puisi, Ciri-Ciri Puisi, dan Unsur-Unsur Puisi, setelah kalian baca dan pahami materi di atas, silahkan kerjakan tugas di bawah ini.

Kesimpulan:
Puisi adalah karangan teks yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyairnya dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Jadi dalam puisi, kita dapat menyampaikan rasa kerinduan, kegelisahan, atau pengagungan yang kamu ungkapkan dalam bahasa yang indah

Tugas:

Bacalah sebuah Puisi yang berjudul “Hujan Bulan Juni”

1.      Mengapa teks tersebut disebut sebagai puisi!

2.      Teks puisi tersebut mengungkapkan perasaan apa; sedih, kagum, cemburu, rindu atau sayang?

3.      Keindahan apa yang tampak pada rangkaian kata di dalam teks tersebut?

4.      Ditunjukan kepada siapakah maksud dari puisi tersebut?

5.      Bagaimana sikapmu berkaiatan dengan masalah yang diangkat dalam puisi "Hujan Bulan Juni”?



Selamat mengerjakan anak-anak hebat.

Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar