Rabu, 03 Januari 2024

Teks Ulasan

- Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia

- Kelas                     : VIIIA dan VIIIB

- Materi                   : Teks Eksplanasi

- Pertemuan           : Ke 1 Dari 4

- Guru Pengampu  : Tri Esti Rianti, S.Pd.

- Waktu Pembelajaran  : Rabu, 03-01-2024

Materi : Teks Ulasan

Kompetensi Dasar :

3.11Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan.


Tujuan Pembelajaran :

1.    Mengamati beberapa model teks ulasan

2.    Mengidentifikasi pengertian teks ulasan

3.    Mengidentifikasi macam-macam isi teks ulasan

4.    Menjelaskan pengertian teks ulasan

5.    Menjelaskan macam-macam isi teks ulasan


Assalammualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan tetap menjaga kesehatan ya nak.

Bagaimana liburannya kemarin menyenangkan tidak? Alhamdulillah kalau liburan kalian menyenangkan. Sekarang waktunya kita melanjutkan rutinitas kita seperti biasa yaitu memulai pembelajaran di tahun yang baru ini, semoga kalian makin semangat belajarnya dan menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Aamiin ya rabbal alamin...

Pada pertemuan kita hari ini akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu tentang Teks Ulasan. Silahkan kalian baca dan pahami materi di bawah ini.

Pengertian Teks Ulasan

Dilansir dari buku Bahasa Indonesia Akademis: Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia (2022), teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian terhadap sebuah hasil karya.

Bentuk karya yang nantinya diulas bisa berupa tulisan seperti artikel, novel, kumpulan cerpen, atau buku. Sementara karya yang bentuknya visual meliputi drama, film, lagu, atau pertunjukan.

Teks penilaian dari sebuah hasil karya ini bisa diterbitkan di jurnal ilmiah supaya nilai akademisnya lebih diakui.


Ciri-Ciri Teks Ulasan

Ciri-ciri dari teks yang berisi penilaian terhadap sebuah hasil karya adalah sebagai berikut:

Berisi tentang keunggulan dan kelemahan atau kelebihan dan kekurangan dari suatu karya atau objek yang diulas.

Baik itulah materi tentang Pengertian Teks Ulasan, Macam-Macam Isi Teks Ulasan, Ciri-Ciri Teks Ulasan, Jenis-Jenis Teks Ulasan serta Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan setelah kalian baca dan pahami materi di atas, silahkan kerjakan tugas di bawah ini.

Manfaat Teks Ulasan

Teks ulasan yang dipublikasikan di media elektronik atau cetak dapat memberikan manfaat bagi karya itu sendiri dan pembacanya.

Selain bisa menimbulkan rasa penasaran pembaca, teks ulasan juga dapat menjadi media promosi yang efektif.

Di sisi lain, objektivitas dan keberimbangan dalam teks ulasan tetap harus dipertahankan supaya pembaca tahu, mana karya yang harus diapresiasi dan karya yang perlu diperbaiki agar jadi lebih baik.


Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan mempunyai tujuan terhadap suatu hasil karya. Berikut tujuan dari teks ulasan.

Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.

Membantu pembaca untuk memahami isi suatu karya.

Menunjukkan pandangan atau penilaian pengulas terhadap suatu karya.

Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan masalah yang terdapat dalam suatu karya.

Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli, dan menikmati suatu karya.

Contoh Teks Ulasan

Di bawah ini terdapat contoh teks ulasan singkat dari sebuah karya yaitu film berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk yang dirangkum dari berbagai sumber.

Orientasi

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk adalah film adaptasi novel klasik Indonesia karya Buya Hamka dengan judul yang sama. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013, dan dibintangi oleh artis kenamaan Tanah Air, seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahardian. Film ini disutradarai oleh Sunil Soraya yang juga menjadi salah satu karya tersuksesnya di tahun 2013.

Tafsiran

Film ini menceritakan lika-liku kehidupan Zainudin di tahun 1930 yang berlayar dari Makassar menuju Batipuh, yaitu ke tanah kelahiran ayahnya. Di sana, ia bertemu cinta pandangan pertamanya bernama Hayati. Sayangnya, kisah cinta mereka harus terhalang perbedaan suku, status ekonomi, dan juga takdir yang akhirnya membawa Hayati untuk dinikahi oleh Aziz.

Evaluasi

Film berdurasi dua setengah jam ini memberikan visual yang sesuai dengan mengangkat situasi Indonesia pada tahun 1930-an. Namun, atmosfer klasik dalam film ini kurang berhasil dirasakan.

Alur cerita juga terkesan lambat dan terdapat beberapa bagian yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik dirasa kurang memuncak, serta penyelesaiannya terlalu datar. Penggunaan lagu Nidji dengan melodi yang terkesan modern, juga kurang pas.


Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangannya, film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum-kostum yang apik membuat filmnya menjadi salah satu karya sinema terbaik di tahun 2013. Kata-kata puitis sepanjang film juga membuatnya menarik untuk ditonton dan menambah khasanah pengetahuan kosa kata bahasa Indonesia.

Tugas:

• Carilah objek yang termasuk ke dalam teks ulasan dari berbagai sumber kemudian tulis isi teksnya tersebut (tidak boleh sama antara teman satu dengan yang lainnya.

Jenis Karya

Judul

Isi

I

II

I

II

1.  Kumpulan Cerpen

 

 

 

 

2.  Novel

 

 

 

 

3.  Buku Ilmu Pengetahuan

 

 

 

 

4.  Film

 

 

 

 

5.  Kumpulan Puisi

 

 

 

 

6.  Drama

 

 

 

 

Selamat mengerjakan anak-anak hebat.

Jika masih ada materi yang belum jelas silahkan tanyakan dengan ibu yaa nak.

Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar