KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS VII
KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL TAHUN 2019/2020
JENIS TEKS
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
DESKRIPSI
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang .objek
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks
deskripsi
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan
dalam bentuk teks deskripsi tentang objek
|
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa melengkapi penggalan teksdeskripsi
|
1
|
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan tujuan teks deskripsi
|
2
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata khusus teks
deskripsi
|
3
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan penulisan kata depan did an awalan
di
|
4
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan
pemakaian huruf capital
|
5
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan
jenis majas isi teks
|
6
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata tidak baku dalam teks
|
7
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan struktur teks deskripsi
|
8
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi. Siswa menentukan
struktur teks deskripsi
|
9
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan latar teks
|
10
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan
jenis teks
|
11
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kesalahan kata depan
teks
|
12
|
||
Disajikan empat teks, siswa
menentukan teks tanggapan deskripsi
|
13
|
||
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi yang dibaca
dan didengar.
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan pesan isi teks
fantasi
|
14
|
|
FANTASI
|
4.3 Menceritakan kembali isi cerita fantasi yang dibaca
dan didengar
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan keajaiaban
yang mucul dalam teks fantasi
|
15
|
3.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan
didengar.
|
Disajikan kutipan teks fantasi,
siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai
|
16
|
|
4.4 Menyajikan
gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan.
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan latar suasana teks
fantasi
|
17
|
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks
fantasi
|
18
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan jenis alur teks fantasi
|
19
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa mengubah kalimat menjadi kalimat tak langsung
|
20
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks
fantasi
|
21
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks
fantasi
|
22
|
||
Disajikan kutipan teks fantasi,
siswa dapat menentukan kata ganti yang digunakan sebagai sudut pandang
penceritaan
|
23
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks
fantasi
|
24
|
||
Disajikan paragraph yang
rumpang, siswa dapat menentukan konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian
yang rumpang
|
25
|
JENIS TEKS
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
PROSEDUR
|
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur
|
disajikan teks prosedur, siswa menemukan ukuran yang
dipakai dalam teks.
|
26
|
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur
|
disajikan teks prosedur, siswa menemukan jenis teks
prosedur
|
27
|
|
3.6 Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan teks prosedur
|
disajikan teks prosedur, siswa dapat menemukan
ringkasan teks yang paling tepat
|
28
|
|
4.6 Menyajikan data rangkaian
kegiatan ke dalam bentuk teks Prosedur
|
disajikan teks prosedur , siswa mengidentifikasi
Bagian-bagian Struktur Teks
|
29
|
|
disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat
larangan pada teks.
|
30
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks prosedur
|
31
|
||
disajikan teks prosedur, siswa melengkapi teks yang belum rumpang
|
32
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menemukan larangan
kalimat perintah pada teks.
|
33
|
||
disajikan teks prosedur cara melakukan sesuatu, siswa dapat menemukan struktur
|
34
|
||
disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat yang tidak tepat dalam
teks
|
35
|
||
disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat efektif dalam
teks
|
36
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menentukan kalimat utama dalam teks
|
37
|
||
disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki urutan yang masih acak.
|
38
|
||
disajikan teks prosedur, siswa mengidentifikasi bagian struktur teks
|
39
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks
|
40
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan tujuan pada
teks.
|
41
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan cara pada
teks.
|
42
|
JENIS TEKS
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
OBSERVASI
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi
|
Disajikan teks obsevasi, siswa menentukan istilah penting dalam teks
observasi
|
43
|
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi
|
Disajikan teks observasi, siswa menentukan kalimat definisi dalam teks observasi
|
44
|
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isiteks laporan hasil
observasi
|
Disajikan teks observasi, siswa menentukan tujuan penulisan teks
prosedur
|
45
|
|
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi
|
Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat yang efektif
|
46
|
|
Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat dalam teks
|
47
|
||
Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah yang tidak baku
|
48
|
||
Disajikan teks observsi, siswa menentukan tujuan teks observasi
|
49
|
||
Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah khusus dalam teks
observasi
|
50
|
KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS VII
KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL TAHUN 2019/2020
JENIS TEKS
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
DESKRIPSI
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang .objek
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks
deskripsi
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan
dalam bentuk teks deskripsi tentang objek
|
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa melengkapi penggalan teksdeskripsi
|
1
|
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan tujuan teks deskripsi
|
2
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata khusus teks
deskripsi
|
3
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan penulisan kata depan did an awalan
di
|
4
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan
pemakaian huruf capital
|
5
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan
jenis majas isi teks
|
6
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata tidak baku dalam teks
|
7
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan struktur teks deskripsi
|
8
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi. Siswa menentukan
struktur teks deskripsi
|
9
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan latar teks
|
10
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan
jenis teks
|
11
|
||
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kesalahan kata depan
teks
|
12
|
||
Disajikan empat teks, siswa
menentukan teks tanggapan deskripsi
|
13
|
||
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi yang dibaca
dan didengar.
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan pesan isi teks
fantasi
|
14
|
|
FANTASI
|
4.3 Menceritakan kembali isi cerita fantasi yang dibaca
dan didengar
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan keajaiaban
yang mucul dalam teks fantasi
|
15
|
3.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan
didengar.
|
Disajikan kutipan teks fantasi,
siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai
|
16
|
|
4.4 Menyajikan
gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan.
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan latar suasana teks
fantasi
|
17
|
|
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks
fantasi
|
18
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan jenis alur teks fantasi
|
19
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa mengubah kalimat menjadi kalimat tak langsung
|
20
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks
fantasi
|
21
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks
fantasi
|
22
|
||
Disajikan kutipan teks fantasi,
siswa dapat menentukan kata ganti yang digunakan sebagai sudut pandang
penceritaan
|
23
|
||
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks
fantasi
|
24
|
||
Disajikan paragraph yang
rumpang, siswa dapat menentukan konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian
yang rumpang
|
25
|
JENIS TEKS
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
PROSEDUR
|
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur
|
disajikan teks prosedur, siswa menemukan ukuran yang
dipakai dalam teks.
|
26
|
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur
|
disajikan teks prosedur, siswa menemukan jenis teks
prosedur
|
27
|
|
3.6 Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan teks prosedur
|
disajikan teks prosedur, siswa dapat menemukan
ringkasan teks yang paling tepat
|
28
|
|
4.6 Menyajikan data rangkaian
kegiatan ke dalam bentuk teks Prosedur
|
disajikan teks prosedur , siswa mengidentifikasi
Bagian-bagian Struktur Teks
|
29
|
|
disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat
larangan pada teks.
|
30
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks prosedur
|
31
|
||
disajikan teks prosedur, siswa melengkapi teks yang belum rumpang
|
32
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menemukan larangan
kalimat perintah pada teks.
|
33
|
||
disajikan teks prosedur cara melakukan sesuatu, siswa dapat menemukan struktur
|
34
|
||
disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat yang tidak tepat dalam
teks
|
35
|
||
disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat efektif dalam
teks
|
36
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menentukan kalimat utama dalam teks
|
37
|
||
disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki urutan yang masih acak.
|
38
|
||
disajikan teks prosedur, siswa mengidentifikasi bagian struktur teks
|
39
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks
|
40
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan tujuan pada
teks.
|
41
|
||
disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan cara pada
teks.
|
42
|
JENIS TEKS
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
OBSERVASI
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi
|
Disajikan teks obsevasi, siswa menentukan istilah penting dalam teks
observasi
|
43
|
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi
|
Disajikan teks observasi, siswa menentukan kalimat definisi dalam teks observasi
|
44
|
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isiteks laporan hasil
observasi
|
Disajikan teks observasi, siswa menentukan tujuan penulisan teks
prosedur
|
45
|
|
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi
|
Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat yang efektif
|
46
|
|
Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat dalam teks
|
47
|
||
Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah yang tidak baku
|
48
|
||
Disajikan teks observsi, siswa menentukan tujuan teks observasi
|
49
|
||
Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah khusus dalam teks
observasi
|
50
|
Terima kasih bu💛
BalasHapusTerima kasih bu
BalasHapusTerima kasih kisi2 nya bu
BalasHapusTerimakasih kisi' nya bu
BalasHapusMakasih ya bu
BalasHapusTerima kasih ibu :)
BalasHapus-Natasya 7G