Senin, 02 Desember 2019

Senin,2 Desember 2019


KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL TAHUN 2019/2020
JENIS TEKS
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
DESKRIPSI
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang .objek
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks
deskripsi 
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa melengkapi penggalan teksdeskripsi
1
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan tujuan teks deskripsi
2
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata khusus teks deskripsi
3
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan penulisan kata depan did an awalan di
4
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa  menentukan pemakaian huruf capital
5
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan jenis majas isi teks
6
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata tidak baku dalam teks
7

Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan struktur teks deskripsi
8

Disajikan cuplikan teks deskripsi. Siswa menentukan struktur teks deskripsi
9
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan latar teks
10
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan jenis teks
11
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kesalahan kata depan teks
12
Disajikan empat teks, siswa menentukan teks tanggapan deskripsi
13

3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi yang dibaca dan didengar.
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan pesan isi teks fantasi
14
FANTASI
4.3 Menceritakan kembali isi cerita fantasi yang dibaca dan didengar
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan keajaiaban yang mucul dalam teks fantasi
15
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.
Disajikan kutipan teks fantasi, siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai
16
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan.
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan latar suasana teks fantasi
17

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks fantasi
18

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan jenis alur teks fantasi
19

Disajikan teks fantasi, siswa mengubah kalimat menjadi kalimat tak langsung
20

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks fantasi
21

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks fantasi
22

Disajikan kutipan teks fantasi, siswa dapat menentukan kata ganti yang digunakan sebagai sudut pandang penceritaan
23

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks fantasi
24


Disajikan paragraph yang rumpang, siswa dapat menentukan konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
25


JENIS TEKS
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
PROSEDUR
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur
disajikan teks prosedur, siswa menemukan ukuran yang dipakai dalam teks.
26
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur  
disajikan teks prosedur, siswa menemukan jenis teks prosedur
27
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur
disajikan teks prosedur, siswa dapat menemukan ringkasan teks yang paling tepat
28
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks Prosedur
disajikan teks prosedur , siswa mengidentifikasi Bagian-bagian Struktur Teks  
29

disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat larangan pada teks.
30

disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks prosedur
31

disajikan teks prosedur, siswa melengkapi teks yang belum rumpang
32

disajikan teks prosedur, siswa menemukan larangan kalimat perintah pada teks.
33

disajikan teks prosedur cara melakukan  sesuatu, siswa dapat menemukan struktur
34

disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat yang tidak tepat dalam teks
35

disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat efektif dalam teks
36

disajikan teks prosedur, siswa menentukan kalimat utama dalam teks
37

disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki urutan yang masih acak.
38

disajikan teks prosedur, siswa mengidentifikasi bagian struktur teks
39

disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks
40

disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan tujuan pada teks.
41



disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan cara pada teks.
42





JENIS TEKS
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL




OBSERVASI
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi
Disajikan teks obsevasi, siswa menentukan istilah penting dalam teks observasi
43
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi
Disajikan teks observasi, siswa menentukan kalimat definisi dalam  teks observasi
44
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isiteks laporan hasil
observasi
Disajikan teks observasi, siswa menentukan tujuan penulisan teks prosedur
45
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi

Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat yang efektif
46

Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat dalam teks
47

Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah yang tidak baku
48

Disajikan teks observsi, siswa menentukan tujuan teks observasi
49


Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah khusus dalam teks observasi
50









KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL TAHUN 2019/2020
JENIS TEKS
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
DESKRIPSI
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang .objek
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks
deskripsi 
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa melengkapi penggalan teksdeskripsi
1
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan tujuan teks deskripsi
2
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata khusus teks deskripsi
3
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan penulisan kata depan did an awalan di
4
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa  menentukan pemakaian huruf capital
5
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan jenis majas isi teks
6
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kata tidak baku dalam teks
7

Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan struktur teks deskripsi
8

Disajikan cuplikan teks deskripsi. Siswa menentukan struktur teks deskripsi
9
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan latar teks
10
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan jenis teks
11
Disajikan cuplikan teks deskripsi, siswa menentukan kesalahan kata depan teks
12
Disajikan empat teks, siswa menentukan teks tanggapan deskripsi
13

3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi yang dibaca dan didengar.
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan pesan isi teks fantasi
14
FANTASI
4.3 Menceritakan kembali isi cerita fantasi yang dibaca dan didengar
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan keajaiaban yang mucul dalam teks fantasi
15
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.
Disajikan kutipan teks fantasi, siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai
16
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan.
Disajikan teks fantasi, siswa menentukan latar suasana teks fantasi
17

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks fantasi
18

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan jenis alur teks fantasi
19

Disajikan teks fantasi, siswa mengubah kalimat menjadi kalimat tak langsung
20

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan struktur teks fantasi
21

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks fantasi
22

Disajikan kutipan teks fantasi, siswa dapat menentukan kata ganti yang digunakan sebagai sudut pandang penceritaan
23

Disajikan teks fantasi, siswa menentukan perwatakan tokoh teks fantasi
24


Disajikan paragraph yang rumpang, siswa dapat menentukan konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
25


JENIS TEKS
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
PROSEDUR
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur
disajikan teks prosedur, siswa menemukan ukuran yang dipakai dalam teks.
26
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur  
disajikan teks prosedur, siswa menemukan jenis teks prosedur
27
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur
disajikan teks prosedur, siswa dapat menemukan ringkasan teks yang paling tepat
28
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks Prosedur
disajikan teks prosedur , siswa mengidentifikasi Bagian-bagian Struktur Teks  
29

disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat larangan pada teks.
30

disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks prosedur
31

disajikan teks prosedur, siswa melengkapi teks yang belum rumpang
32

disajikan teks prosedur, siswa menemukan larangan kalimat perintah pada teks.
33

disajikan teks prosedur cara melakukan  sesuatu, siswa dapat menemukan struktur
34

disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat yang tidak tepat dalam teks
35

disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat efektif dalam teks
36

disajikan teks prosedur, siswa menentukan kalimat utama dalam teks
37

disajikan teks prosedur, siswa memperbaiki urutan yang masih acak.
38

disajikan teks prosedur, siswa mengidentifikasi bagian struktur teks
39

disajikan teks prosedur, siswa menentukan tujuan penulisan teks
40

disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan tujuan pada teks.
41



disajikan teks prosedur, siswa menemukan kalimat keterangan cara pada teks.
42





JENIS TEKS
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL




OBSERVASI
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi
Disajikan teks obsevasi, siswa menentukan istilah penting dalam teks observasi
43
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi
Disajikan teks observasi, siswa menentukan kalimat definisi dalam  teks observasi
44
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isiteks laporan hasil
observasi
Disajikan teks observasi, siswa menentukan tujuan penulisan teks prosedur
45
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi

Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat menjadi kalimat yang efektif
46

Disajikan teks obeservi , siswa memperbaiki kalimat dalam teks
47

Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah yang tidak baku
48

Disajikan teks observsi, siswa menentukan tujuan teks observasi
49


Disajikan teks observsi, siswa menentukan istilah khusus dalam teks observasi
50










6 komentar: