KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP K13
BAHASA
INDONESIA KELAS VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/Genap
T. P. : 2019-2020
Jenis Tes : Tertulis
KI1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi
secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Jumlah Soal
|
3.9
Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian
suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis.
4.9 Meringkas
isi teks eksplanasi yang berupa
proses terjadinya suatu fenomena dari
beragam sumber yang
didengar dan dibaca.
3.10 Menelaah
teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca.
4.10 Menyajikan informasi, data dalam
bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan
tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan.
4.11
Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
3.12 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks ulasan
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan
dibaca.
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks
ulasan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.
|
·
Pengertian teks eksplanasi
·
ciri-ciri teks eksplanasi
·
gagasan utama teks eksplanasi
·
ringkasan isi teks eksplanasi
·
ragam isi teks eksplanasi
·
struktur teks eksplanasi
·
kaidah bahasa teks eksplanasi
·
pola-pola pengembangan teks eksplanasi
·
penyuntingan teks eksplanasi
·
ciri-ciri teks ulasan
·
penjelasan maksud isi teks ulasan
·
penjelasan kelebihan/ kelemahan teks ulasan
·
struktur teks ulasan
·
kaidah kebahasaan teks ulasan
·
penulisan teks ulasan
|
·
Menjelaskan pengertian teks eksplanasi
·
Menentukan ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan
pola/struktur teks eksplanasi.
·
Menentukan gagasan utama teks eksplanasi
·
Meringkas isi teks eksplanasi berdasarkan gagasan
umumnya
·
Menentukan ragam isi teks eksplanasi.
·
Menentukan struktur teks eksplanasi.
·
Menelaah kaidah bahasa teks eksplanasi.
·
Menentukan pola-pola pengembangan teks eksplanasi.
·
Menyunting teks eksplanasi.
·
Menjelaskan ciri-ciri teks ulasan berdasarkan isi dan
objek ulasannya.
·
Menjelaskan maksud isi teks ulasan.
·
Menjelaskan kelebihan/ kelemahan teks ulasan.
·
Menelaah struktur teks ulasan
·
Menelaah kaidah kebahasaan teks ulasan.
·
Menulis teks ulasan
|
·
Siswa menentukan pengertian teks eksplanasi yang paling
tepat
·
Siswa menentukan ciri-ciri teks eksplanasi yang paling
tepat
·
Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan
gagasan utama/kalimat utamanya.
·
Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan
ringkasan isi teks tersebut yang paling tepat.
·
Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan
ragam isi teks tersebut yang paling
tepat.
·
Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan
bagian struktur teks tersebut dengan tepat.
·
Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menelaah
kaidah bahasa teks tersebut dengan tepat.
·
Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan
pola-pola pengembangan teks tersebut yang paling tepat.
·
Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menyunting
teks tersebut dengan tepat.
·
Siswa menentukan ciri-ciri teks ulasan yang paling
tepat.
·
Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menentukan
penjelasan maksud isi teks tersebut dengan tepat.
·
Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menjelaskan
kelebihan/ kelemahan teks ulasan.
·
Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menentukan bagian
struktur teks ulasan dengan tepat.
·
Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menelaah kaidah
kebahasaan teks tersebut dengan tepat.
·
Siswa menentukan kalimat yang berisi ungkapan
rekomendasi dengan tepat
·
Disajikan cuplikan teks cerpen. Siswa menentukan
paragraf/kalimat yang tepat untuk ditulis pada bagian tertentu dalam teks
ulasan berdasarkan cerpen tersebut.
|
1
1
2
1
2
2
4
1
1
1
1
1
2
2
1
2
|
3.13 Mengidentifikasi
jenis
saran, ajakan, arahan,
dan
pertimbangan tentang
berbagai hal positif atas
permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya) yang didengar
dan dibaca
|
|
·
Menjelaskan pengertian teks persuasi
·
Menjelaskan isi teks persuasi
·
Menjelaskan kalimat ajakan dalam teks persuasi
|
·
Siswa menentukan pengertian teks persuasi yang paling tepat
·
Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa menentukan
isi teks persuasi yang paling tepat
·
Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa menentukan
kalimat ajakan yang paling tepat dalam teks persuasi
|
1
2
2
|
4.13 Menyimpulkan isi saran,
ajakan, arahan,
pertimbangan tentang
berbagai hal positif
permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya) yang didengar
dan dibaca
|
|
·
Menyimpulkan teks persuasi
|
·
Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa dapat
menentukan kesimpulan teks persuasi yang paling tepat
|
2
|
3.14 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks persuasi
yang berupa saran,
ajakan, dan pertimbangan
tentang berbagai
permasalahan aktual
(lingkungan
hidup,
kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll)
dari berbagai sumber yang
didengar dan dibaca
|
supaya dan selagi
|
·
Menelaah struktur teks persuasi
·
Menelaah kaidah kebahasaan teks persuasi
·
Menggunakan konjungsi supaya dan selagi dalam
teks persuasi
|
·
Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa menentukan
bagian struktur teks ulasan dengan tepat.
·
Disajikan cuplikan teks persuasi.Siswa menelaah kaidah
kebahasaan teks tersebut dengan tepat.
·
Disajikan cuplikan teks persuasi.Siswa dapat menentukan
penggunaan konjungsi supaya dan selagi dalam teks tersebut dengan tepat.
|
2
2
1
|
4.14 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan,
dan pertimbangan) secara
tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur,
kebahasaan, atau aspek
lisan
|
struktur/kaidah teks
persuasi
|
·
Menulis teks persuasi
·
Menggunakan bujukan/ajakan yang tepat dalam teks
persuasi
|
·
Disajikan tema. Siswa menentukan paragraf/kalimat yang tepat
untuk ditulis pada bagian tertentu dalam teks persuasi berdasarkan tema tersebut
·
Disajikan tema. Siswa menentukan paragraf/kalimat bujukan yang tepat untuk
ditulis pada bagian tertentu dalam teks persuasi berdasarkan tema tersebut
|
1
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar