Rabu, 11 Maret 2020

kisi-kisi (8)


KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP K13
BAHASA INDONESIA KELAS VIII

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia                                                                                           
Kelas/Semester          : VIII/Genap                                                                                                        
T. P.                            :  2019-2020
Jenis Tes                      : Tertulis
                                                                                                 
KI1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara
        efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
       fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
        membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Soal
Jumlah Soal
3.9  Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis.
4.9  Meringkas  isi  teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam  sumber yang didengar  dan dibaca.

 

3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.




 

4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.
3.11 Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan.
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
 

3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca.



 

4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.
·    Pengertian teks eksplanasi
·    ciri-ciri teks eksplanasi




·    gagasan utama teks eksplanasi

·    ringkasan isi teks eksplanasi


·    ragam isi teks eksplanasi

 

·    struktur teks eksplanasi


·    kaidah bahasa teks eksplanasi
 

·    pola-pola pengembangan teks eksplanasi


·    penyuntingan teks eksplanasi





·    ciri-ciri teks ulasan





·    penjelasan maksud isi teks ulasan

·    penjelasan kelebihan/ kelemahan teks ulasan


·    struktur teks ulasan

 

·    kaidah kebahasaan teks ulasan





·    penulisan teks ulasan

·         Menjelaskan pengertian teks eksplanasi
·         Menentukan ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi.
·         Menentukan gagasan utama teks eksplanasi

·         Meringkas isi teks eksplanasi berdasarkan gagasan umumnya

·         Menentukan ragam isi teks eksplanasi.

·         Menentukan struktur teks eksplanasi.

·         Menelaah kaidah bahasa teks eksplanasi.

·         Menentukan pola-pola pengembangan teks eksplanasi.

·         Menyunting teks eksplanasi.





·         Menjelaskan ciri-ciri teks ulasan berdasarkan isi dan objek ulasannya.



·         Menjelaskan maksud isi teks ulasan.

·         Menjelaskan kelebihan/ kelemahan teks ulasan.


·         Menelaah struktur teks ulasan

·         Menelaah kaidah kebahasaan teks ulasan.





·         Menulis teks ulasan
·         Siswa menentukan pengertian teks eksplanasi yang paling tepat
·         Siswa menentukan ciri-ciri teks eksplanasi yang paling tepat



·         Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan gagasan utama/kalimat utamanya.
·         Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan ringkasan isi teks tersebut yang paling tepat.

·         Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan ragam  isi teks tersebut yang paling tepat.
·         Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan bagian struktur teks tersebut dengan tepat.
·         Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menelaah kaidah bahasa teks tersebut dengan tepat.
·         Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menentukan pola-pola pengembangan teks tersebut yang paling tepat.
·         Disajikan cuplikan teks eksplanasi. Siswa menyunting teks tersebut dengan tepat.




·         Siswa menentukan ciri-ciri teks ulasan yang paling tepat.




·         Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menentukan penjelasan maksud isi teks tersebut dengan tepat.
·         Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menjelaskan kelebihan/ kelemahan teks ulasan.

·         Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menentukan bagian struktur teks ulasan dengan tepat.
·         Disajikan cuplikan teks ulasan. Siswa menelaah kaidah kebahasaan teks tersebut dengan tepat.
·         Siswa menentukan kalimat yang berisi ungkapan rekomendasi dengan tepat

·         Disajikan cuplikan teks cerpen. Siswa menentukan paragraf/kalimat yang tepat untuk ditulis pada bagian tertentu dalam teks ulasan berdasarkan cerpen tersebut.
1


1




2


1



2



2


4


1



1






1





1



1



2


2

1



2

3.13 Mengidentifikasi jenis
saran, ajakan, arahan, dan
pertimbangan tentang
berbagai hal positif atas
permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya) yang didengar
dan dibaca
  • Pengertian teks persuasi
  • Isi teks persuasi


  • Ajakan-ajakan dalam teks persuasi

·         Menjelaskan pengertian teks persuasi
·         Menjelaskan isi teks persuasi

·         Menjelaskan kalimat ajakan dalam teks persuasi
·         Siswa menentukan pengertian teks persuasi yang paling tepat
·         Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa menentukan isi teks persuasi yang paling tepat
·         Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa menentukan kalimat ajakan yang paling tepat dalam teks persuasi
1

2



2

4.13 Menyimpulkan isi saran,
ajakan, arahan,
pertimbangan tentang
berbagai hal positif
permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya) yang didengar
dan dibaca
  • Langkah-langkah penyusunan kesimpulan
·         Menyimpulkan teks persuasi
·         Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa dapat menentukan kesimpulan teks persuasi yang paling tepat
2
3.14 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks persuasi
yang berupa saran,
ajakan, dan pertimbangan
tentang berbagai
permasalahan aktual
(lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll)
dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
  • Struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi




  • Menggunakaan konjungsi
supaya dan selagi

·         Menelaah struktur teks persuasi

·         Menelaah kaidah kebahasaan teks persuasi


·         Menggunakan konjungsi supaya dan selagi dalam teks persuasi
·         Disajikan cuplikan teks persuasi. Siswa menentukan bagian struktur teks ulasan dengan tepat.
·         Disajikan cuplikan teks persuasi.Siswa menelaah kaidah kebahasaan teks tersebut dengan tepat.
·         Disajikan cuplikan teks persuasi.Siswa dapat menentukan penggunaan konjungsi supaya dan selagi dalam teks tersebut dengan tepat.


2



2


1




4.14 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan,
dan pertimbangan) secara
tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur,
kebahasaan, atau aspek
lisan
  • Cara menyajikan teks persuasi



 

  • Penyiapan bujukan/ajakan memperhatikan
struktur/kaidah teks persuasi
·         Menulis teks persuasi





·         Menggunakan bujukan/ajakan yang tepat dalam teks persuasi
·         Disajikan tema. Siswa menentukan paragraf/kalimat yang tepat untuk ditulis pada bagian tertentu dalam teks persuasi berdasarkan tema tersebut

·         Disajikan tema. Siswa menentukan paragraf/kalimat bujukan yang tepat untuk ditulis pada bagian tertentu dalam teks persuasi berdasarkan tema tersebut
1






1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar