Selasa, 18 Agustus 2020

SELASA, 18 AGUSTUS 2020 (7F DAN 7E)

Assalammualaikum anak sholeh sholeha.

Dipertemuan kita kali ini, kita melakukan penugasan kembali, bisa juga kalian buka buku cetak kalian di halaman 22 sampai halaman 27. 

Di tugas kita kali ini ada 7 buat tabel yang mesti kalian lengkapi ya anak sholeh sholeha dan jangan khawatir bisa kalian lanjutkan di pertemuan selanjutnya ya nak tugas kali ini.

Dan perlu diingat ya nak', di tugas kita kali ini, bukan kalian mengarang ya nak' kalimat yang mesti kalian isi di masing-masing tabel di bawah ini, tapi masih berkaitan dengan teks yang ada di bawah ini atau di buku cetak kalian masing, setiap tabel sudah ibu berikan contoh, kolom yang berisi tanda tanya artinya harus kalian isi sesuai teks seperti yang ibu sudah contohkan ya nak. Budaya membaca sebelum mengerjakan tugasnya ya nak.

 

 

 Pesona Pantai Senggigi (teks 1)

Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.

Description: snggigi

Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah laut Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah keindahan taman laut di Senggigi.

Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura ini, Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat. Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong. Memasuki pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan menuruni anak tangga. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah (teks 2)
Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi. “Ariah” menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.

Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00. Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas. Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras. Penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona. Tata lampu yang didukung cuaca cerah malam itu semakin menambah kedahsyatan suasana pembukaan. Pertunjukan awal melibatkan Monas sebagai latar. Monas nampak gagah dan menawan karena berkali-kali disoroti gambargambar indah sebagai latar cerita.

Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat. Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut sinar lampu yang dramatis. Erwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdu. Musik menggetarkan suasana.

Adegan puncak benar-benar mengaduk-aduk emosi penonton. Beragam suasana hati semakin dirasakan penonton. Nuansa keceriaan permainan anak-anak wak wak gung disusul suasana romantis Juki dan Ariah. Adegan berganti dengan suasana seru latihan silat antara Ariah dan Juki. Pergantian suasana berlangsung sangat cepat. Puncak ketegangan semakin terasa pada saat para penari laki-laki membawa replika obor yang menggambarkan suasana perlawanan para petani terhadap pemerintah kolonial. Suasana tanam paksa diiringi dan kekejaman para tuan tanah yang merugikan bagai lintah darat divisualisasikan dengan penuh penjiwaan.

Pementasan ditutup dengan peristiwa tragis. Irama yang menyayat menutup pertunjukan atas tragedi yang menimpa Ariah. Cahaya lampu meredup. Angin malam berhembus cukup dingin seakan ikut merasakan kedukaan Ariah.

Pentas drama tari musikal kolosal Ariah ini sangat megah dan fantastik. Pagelaran karya seni yang berbasis budaya lokal Betawi ini berhasil menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler. Tepuk tangan gemuruh mengiringi akhir pementasan.


A.    Teks deskripsi berisi kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan. Daftarlah kata/yang membuat pembaca seolah-seolah melihat, mendengar, atau merasakan pada teks 1 dan teks 2!

Seakan dapat dilihat

Seakan dapat didengar

Seakan dapat dirasakan

Pantai panjang dengan pasir putih

Debur ombak pantai terdengar berirama

Udara sangat terasa segar

Air jernih dengan buih-buih kecil

?

?

Bukit hijau menjadi latar pantai

?

?

?

 

?

?

?

?

?

 

B.    Daftarlah kata berimbuhan dengan awalan meN- yang diikuti kata dasar dimulai bunyi k, p, t, dan s pada teks 1 dan 2!

Kata

Pembentukan

Kalimat pada Teks

memesona

meN- + pesona

Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona.

memukau

meN- + pukau

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

 

C.      Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
Tulislah kalimat pada teks deskripsi yang menggunakan kata bersinonim pada teks 1 dan teks 2 berikut!
Lakukan seperti contoh!

Kata

Sinonim

Kalimat

indah

elok, permai, molek

Pantai Senggigi sangat indah.

mengherankan

mengagumkan,
memukau, fantastis

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?


D. Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Daftarlah penggunaan kata depan pada teks deskripsi 1 dan 2!

Kata Depan

Kalimat

Di

1.      Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat.

2.      ?

3.      ?

4.      ?

5.      ?

Dari

1.      Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih.

2.      ?

3.      ?

4.      ?

5.      ?

Pada

1.      Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.

2.      ?

3.      ?

4.      ?

5.      ?

Ke

1.      Berkunjung ke pura ini, Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat.

2.      ?

3.      ?

4.      ?

5.      ?



E. Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Daftarlah kata depan dan huruf kapital pada teks deskripsi yang disajikan!

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang.

Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada sekujur badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja.

Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.

Tempat

Arah

di Lombok, di Toraja

di bagian barat rumah Tangkonan

?

?

?

?

?

?

?

?

F. Mendaftar Kalimat Bermajas
Daftarlah kalimat yang menunjukkan penggunaan majas (asosiasi menggunakan kata seperti dan memberi sifat manusia pada benda/ personifikasi) pada teks 1 dan teks 2

Teks

Majas

1

Angin laut mengelus wajah (Personifikasi)

2

?

3

?

4

?

5

?


G. Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Teks deskripsi menggunakan kosakata secara segar dengan variasi kata yang luas. Kamu akan berlatih mencari sinonim kata pada teks 1 dan teks 2! Amati tabel berikut

Kata

Kalimat

indah elok, permai, molek

pantai indah nan permai

mengagumkan, memesona, menakjubkan, memukau

?

jernih, bersih

?

?

?

?

?

 

 

Anak sholeh sholeha, kalau sudah selesai tugasnya bisa dikirimkan pada email ibu triesti05@gmail.com

Dan jangan lupa berikan komentar di kolom komentar di blogger ibu di bawah ini ya anak sholeh sholeha. Terima kasih atas semangatnya anak sholeh sholeha.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

32 komentar:

  1. Assalamualaikum bu
    Nama:m.el ramzi ramadan
    Kelas:7F
    Ket:hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Nama:Seno kurniawan
    Kelas:7F
    Ket:hadir
    Terimakasih atas materinya

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama: Muhammad Azrel Zahran
    Kelas:7E
    Ket:hadir
    Terimakasih atas materinya

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama:Bilal pratama
    Kls:7f
    Ket:hadir
    Terimakasih atas materinya

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu
    Nama: Ahmad riski fatahillah
    Kelas:7f
    Ket:hadir
    Terimakasih Bu atas materinya

    BalasHapus
  6. assalamualaikum bu
    nama:m.feroz nabiq
    kelas:7f
    terimakasih bu materinya

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum bu. Nama saya
    Hafiza Fakhira Nayyara, kelas 7F
    Keterangan Hadir bu,
    Terima kasih bu atas materinya

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum bu
    Nama:Naura afra azzahra
    Kls:7F
    Ket:Hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama: Chelsea Aprilia Susanti
    Kelas:7E
    Terimakasih atas tugas yg ibu berikanπŸ™πŸ»
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  10. Assaalammulaikum bu saya M.Naufal.R kelas7e terimakasih

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum ibu
    Nama: Safira Azzahra
    Kelas:7F
    Terimakasih ibu atas tugasnya
    Wassalamu'alaikum Wr.wb.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum bu
    Nama : iis nur komaria pratiwi
    Kelas : 7E
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih atas materi yang telah ibu berikan
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum wr.wb.
    Nama : Naufal putra sujadi
    Kelas : 7E
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih atas tugas yang telah ibu berikan
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  14. assalamualaikum
    nama alifa rizka khirani
    kelas 7f
    hadir

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum
    Nama : karina Octa Vinny Hidayat
    Kelas: 7E
    Ket : hadir
    Terima kasih bu materinya

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Rama Al septian
    Kelas:7E
    Keterangan:hadir
    Terimakasih atas materinya

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum bu
    Nama:Zullia Ade Rono W
    Kelas:7f
    Ket:hadir

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum Bu
    Nama : akbar
    Kelas : VII E
    Waalaikumsalam πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum Bu
    Nama:Putri Aulia
    Kelas:7E
    Hadir

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum bu
    Nama: Muhammad Maldini ramadan
    Kelas:7e
    Ket:hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum bu
    Nama: rakha satria syah perdana
    Kelas:7f
    Ket:hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum bu
    Nama: rakha satria syah perdana
    Kelas:7f
    Ket:hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum bu
    Nama: abdul aziz al mubarak
    Kelas:7F
    Ket:hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum
    Nama: asyia mutiara briliani
    Kelas:7E
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum buk saya Altaf Nara Jihady kelas 7F

    BalasHapus
  26. Assalmualaikum
    Nama:m.rayhansyah dhiyaqusay
    Kelas:7f
    Terimakasih
    Wassalamualikum wr.wb

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum Wr Wb saya Niki Faris Athaillah kelas XII F terimakasih bu atas tugas nya

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum Bu saya Naura Putri Az-Zahra kelas 7 F terimakasih

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum
    Nama: N.K Ayudya W.D
    Kelas:7E
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama: Fachri Ramadhan
    Kelas:7E
    Terimakasih atas tugas yg ibu berikanπŸ™πŸ»
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  31. assalamualikum
    nama rasya dirsa t
    kelas 7D
    ket hadir
    terimakasih atas materinya bu
    wasasalimakum WR WB
    te

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum, nama saya Fathiyah Zahra dari kelas 7C. Terima kasih atas materinya Bu

    BalasHapus