Selasa, 25 Agustus 2020

SELASA, 25 AGUSTUS 2020 (7F)

Assalammualaikum Wr. Wb.

Anak sholeh sholeha, dipertemuan kita kali ini kita akan melakukan penugasan mengenai materi TEKS FANTASI.

Atau bisa kalian buka buku cetak kalian di halaman 45 sampai 49.

Selamat mengerjakan anak sholeh sholeha.

 


BAB 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi

A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi

1. Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita Fantasi

Gurumu akan memandu untuk membaca contoh cerita fantasi dari buku siswa ini atau ditambahkan cerita fantasi lain. Jika gurumu menggunakan teks dalam buku siswa ini, bacalah cerita fantasi berikut! Kamu akan mengenali dulu mengapa sebuah cerita dikategorikan sebagai cerita fantasi? Ikuti kegiatan berikut!

 

Bacalah bagian cerita fantasi bagian novel Indonesia berikut!

Cerita Fantasi 1

                        

KEKUATAN EKOR BIRU NATAGA

oleh Ugi Agustono

 

Seluruh pasukan Nataga sudah siap hari itu. Nataga membagi tugas kepada seluruh panglima dan pasukannya di titik-titik yang sudah ditentukan. Seluruh binatang di Tana Modo tampak gagah dengan keyakinan di dalam hati, mempertahankan milik mereka. Hari itu, sejarah besar Tana modo akan terukir di hati seluruh binatang. Mereka akan berjuang hingga titik darah penghabisan untuk membela tanah air tercinta. Saat yang ditunggu pun tiba. Mulai terlihat bayangan serigala-serigala yang hendak keluar dari kabut. Jumlah pasukan cukup banyak. Nataga dan seluruh panglima memberi isyarat untuk tidak panik. Pasukan siluman serigala mulai menginjak Pulau Tana Modo, susul-menyusul bagai air. Tubuh mereka besar-besar dengan sorot mata tajam. Raut wajah mereka penuh dengan angkara murka dan kesombongan, disertai lolongan panjang saling bersahutan di bawah air hujan. Mereka tidak menyadari bahaya yang sudah mengepung. Semua binatang tetap tenang menunggu aba-aba dari Nataga.“Serbuuuu …!” teriak Nataga sambung-menyambung dengan seluruh panglima. Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Pasukan serigala sempat kaget, tak percaya. Cukup banyak korban yang jatuh di pihak serigala karena lemparan bola api. Namun, pemimpin pasukan tiap kelompok serigala langsung mengatur kembali anak buahnya pada posisi siap

menyerang. Mereka tertawa mengejek binatang-binatang ketika banyak bola api yang padam sebelum mengenai tubuh mereka. Bahkan dengan kekuatan mereka, mereka meniup bola api yang terbang menuju arah mereka.

“Hai ....! Tak ada gunanya kalian melempar bola api kepada kami!”

Seru serigala dengan sorot mata merah penuh amarah.

Binatang-binatang tidak putus asa. Namun, pasukan serigala dalam jumlah dua kali lipat bahkan lebih dari pasukan binatang, mulai bergerak maju, seolah hendak menelan binatang-binatang yang mengepung. Binatang-binatang yang pantang menyerah juga tidak takut dengan gertakan para serigala.

“Gunakan kekuatan ekormu, Nataga!” bisik Dewi Kabut di telinga Nataga.

Nataga sempat bingung dengan kata-kata Dewi Kabut. Karena banyak bola api yang padam, Nataga segera memberi aba-aba berhenti melempar dan mundur kepada seluruh pasukan.

Tiba-tiba, Nataga, pemimpin perang seluruh binatang di Tana Modo, segera melesat menyeret ekor birunya. Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api besar.Nataga mengibaskan api pada ekornya yang keras, membentuk lingkaran sesuai tanda yang dibuat oleh semut, rayap, dan para tikus. Lalu, ia melompat bagai kilat dan mengepung serigala dalam

 api panas. Kepungan api semakin luas. Serigala-serigala tak berdaya menghadapi kekuatan si ekor biru. Teriakan panik dan kesakitan terdengar dari serigala-serigala yang terbakar. Nataga tidak memberi ampun kepada para serigala licik itu.

Selesai pertempuran Nataga segera menuju ke atas bukit, bergabung dengan seluruh panglima. Levo, Goros, Lamia, Sikka, dan Mora memandang Nataga dengan haru dan tersenyum mengisyaratkan hormat dan bahagia.

Ugi Agustono The Little Dragon

 

 

 

Contoh 2 kutipan bagian Novel Cerita Fantasi Buku:

Anak Rembulan (Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari) Anak Rembulan  

Penulis:Djokolelono

 

Amati ringkasan novel cerita fantasi berikut!

Nono, si Anak Rembulan, berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro. Ia selalu suka liburan di sana, karena ia bisa bersepeda keliling Wlingi dan bermandi-mandi di Sungai Lekso yang menyegarkan. Tak jarang juga Nono membantu Mbah Mas yang punya warung makan di Stasiun Wlingi. Suatu hari, Nono ditugaskan untuk membeli tahu goreng ke Njari, ke tempat Mbah Pur, kakek buyutnya. Nono pun berangkat dengan sepeda. Nono mengambil jalan pintas menuju Njari. Di tengah perjalanan, ia berhenti sejenak untuk melihat sebatang pohon kenari besar di tepi Kali Njari yang pernah diceritakan oleh Mbah Pur. Menurutnya, dahulu ada seorang anak bernama Trimo yang menghilang di dalam pohon kenari itu. Trimo menghilang ketika ia sedang berlindung dari serangan Belanda. Ia lenyap begitu saja, seolah-olah pohon besar itu telah menelannya. Nono beristirahat dan merendam kakinya di Kali Njari yang dangkal. Sepedanya diparkirkan di pohon kenari tadi. Namun, ketika ia kembali, sepeda itu tidak ada. Ia pun dikejutkan dengan kedatangan seorang anak bernama Trimo yang memperingatkannya untuk bersembunyi. Akan tetapi, Kapitan d’Jaree dengan mudahnya dapat menemukan tempat persembunyian mereka. Sadarlah Nono bahwa ia sedang berada di zaman Belanda. Pohon kenari besar tadi menghilang, digantikan oleh tenda-tenda, gerobak, kuda, serta orang-orang dan pasukan Belanda yang tiba-tiba berdiri mengelilinginya. Nono nyaris dihukum gantung gara-gara kaus Manchester United yang dikenakannya saat itu. Setelah itu, dia terperangkap di Warung Mbok Rimbi yang merupakan jelmaan iblis, berkawan dengan kelompok Semut Hitam yang ternyata adalah segerombolan pencuri. Nono juga bertemu legenda Gunung Kelud, Mahesasuro dan Lembusuro, berjumpa dengan Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari, dan berhadapan dengan Sri Ratu yang dijuluki ‘Setan Merah’ karena kekejamannya. Tiba-tiba Nono diminta untuk memimpin perang yang disebabkan oleh konspirasi orang-orang dalam kerajaan.

 

Setelah membaca kedua kutipan cerita fantasi tersebut, isilah tabel berikut!

Tokoh

Rangkaian Peristiwa

Nagata

1.    Nataga, sebagai pemimpin, membagikan tugas kepada panglima dan pasukan binatang di tiap-tiap titik. 

2.    Ketika pasukan siluman serigala mulai berada di Tana Modo, pasukan terdepan dari binatang hutan tersebut mengepung serigala dengan bola api. Banyak jatuh korban dipihak serigala, namun para pemimpinnya mulai mengatur kembali pasukan, dan serangan berikutnya tidak mempan lagi.

3.    Binatang-binatang tetap tidak putus asa, mereka tetap menyerang serigala meskipun jumlahnya dua kali lipat dari mereka. Mereka tidak gentar.

4.    Kemudian dewi kabut datang dan berbisik kepada nataga untuk menggunakan kekuatan ekornya. Nataga sempat bingung dengan perkataan itu. Namun dia tetap berusaha. 

5.    Kemudian dia menyuruh pasukan binatang untuk berhenti dan mundur menjauh. 

6.    Lalu Nataga bergerak maju dengan menyeret ekor birunya. Tiba-tiba ekornya mengeluarkan api yang besar. Lalu dia mengipaskan api yang ada diekornya membentuk lingkaran sesuai tanda dari semut, tikus dan rayap.

7.    Setelah itu dia melompat kearah serigala. Api semakin membesar. Para serigala mulai terbakar dan kesakitan.

8.    Serigala akhirnya kalah. Dan Nataga kembali kepasukannya yang ada diatas bukit. Mereka merasa terharu, gembira dan bahagia. 

Nono

?

 


B. Ciri Umum Teks Cerita Fant*si Sebagai Teks narasi
1. Ada keajaiban/ keanehan/ kemisteriusan
Cerita mengungkapkan hal-hal supranatural/ kemisteriusan, keghaiban yang tidak ditemui dalam dunia nyata. Pada cerita jenis ini hal yang tidak mungkin dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata. Temanya adalah majic, supernatural atau futuristik.

Keajaiban yang dimunculkan dalam cerita

Hal

Teks 1

Teks 2

Keajaiban Tokoh

1.    Komodo bisa melatih anak buahnya menyerang siluman serigala

2.    Ekor nataga mampu mengeluarkan api yang besar

3.    Nataga melompat bagai kilat dan dia mengepung serigala

1.    Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari

2.    ?

3.    ?

Peristiwa Aneh

1.    Serigala tertawa mengejek binatang-binatang ketika banyak bola api yang padam sebelum mengenai tubuh mereka.

2.    Mendadak ekor Nataga mengeluarkan api.

?


Anak sholeh sholeha kerjakan kolom yang bertandakan tanda tanya seperti yang sudah ibu contohkan pada teks 1 seperti yang sudah kalian lihat diatas.

Catatan  :

Teks 1 berjudukan “KEKUATAN EKOR BIRU NATAGA”

Teks 2 berjudulkan “ANAK REMBULAN ( NEGERI MISTERI DI BALIK POHON KENARI) ANAK REMBULAN”

Dan hasil kalian bisa dikirimkan melalui email triesti05@gmail.com jangan lupa diberikan nama dan kelas kalian. Lalu berikan komentar mengenai materi kita di kolom komentar pada blogger ibu di bawah ini.

Terima kasih semangatnya anak sholeh sholeha ibu.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

 


15 komentar:

  1. assalamualikum bu
    Nama:m.el ramzi ramadan
    Kelas:7F
    Ket:hadir
    terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  2. Nama:Fadhil Muhammad
    Kelas:7F
    Ket:Hadir
    Terima kasih bu materi dan tugasnya

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama:Seno kurniawan
    Kelas:7F
    Ket:Hadir
    Terima kasih materi dan tugasnya

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama..rakha satria syah perdana
    Kelas..7F
    Ket..hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu
    Nama:Naura putri Az-zahra
    Kelas:VIIF
    Terimakasih atas materi Bu dan tugasnya bu

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Wr Wr Bu
    Nama: Niki faris Athaillah
    Kelas: 7F
    Terimakasih bu atas materi nya

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum ibu
    Nama: Safira Azzahra
    Kelas:7F
    Terimakasih ibu

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum bu
    Nama: safira puteri samanda
    Kelas: 7f
    Ket: hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Nama saya Muhammad Naufal Ramadhan dari kelas 7E hadir

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum bu
    Nama:Zullia Ade Rono W
    Kelas:7f
    Ket:hadir
    Terimakasih bu

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum bu
    Nama:naura afra azzahra
    Kls:7F
    Ket:Hadir
    Terimakasih materinya bu

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum bu
    Nama:m.rayhansyah dhiyaqusay
    Kelas:7F
    Ket:hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Nama..rakha satria syah perdana
    Kls..7F
    Ket..hadir

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum bu
    Nama:Bilal pratama
    Kls:7f
    Ket:Hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum
    Nama : M.Feroz Nabiq
    Kelas : 7F
    Ket : Hadir
    terimakasih bu

    BalasHapus