Kamis, 15 Februari 2024

Teks Persuasif

- Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia

- Kelas                     : VIIIA dan VIIIB

- Materi                   : Teks Persuasif

- Pertemuan           : Ke 3

- Guru Pengampu  : Tri Esti Rianti, S.Pd.

- Waktu Pembelajaran  : Kamis, 15-02-2024

- Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

- Kompetensi Dasar:

3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

- Tujuan Pembelajaran Diharapkan Peserta didik mampu :

1.     Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca dengan tepat.

2.     Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca dengan lengkap.


Assalammualaikum Wr. Wb.

Apa kabarnya anak-anak Ibu yang sholih dan sholihah? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan ya nak. Baiklah sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini mari kita berdoa terlebih dahulu dan pastikan kalian sudah melaksanakan Sholat Dhuha dan Murojaahnya ya anak-anak Ibu yang sholih sholiha.

Kemarin kita sudah selesai mempelajari teks ulasan, selanjutnya pertemuan kita pada hari ini akan membahas tentang Teks Persuasi. Silahkan kalian tonton, baca dan pahami video mengenai materi Teks Persuasi di bawah ini.



Baik itulah materi Teks Persuasi, setelah kalian tonton, baca dan pahami video di atas. Silahkan kalian kerjakan tugas yaitu cari kemudian fotokan contoh dari iklan, poster, slogan, dan lain sebagainya di lingkungan sekitar kalian yang termasuk ke dalam teks persuasi (minimal 3)


Contoh teks persuasi:

Kumpulkan tugas kalian ke WA ibu ya nak, jika ada yang kurang jelas mengenai tugas maupun materinya silahkan tanyakan ke Ibu ya nak.

Ibu akhiri pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulilah.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 komentar: