- Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
- Kelas : VIIIB
- Materi : Teks Persuasif
- Pertemuan : Ke 3 Dari 4
- Guru Pengampu : Tri Esti Rianti, S.Pd.
- Waktu Pembelajaran : Kamis, 22-02-2024
- Kompetensi Dasar :
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
- Tujuan Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi ajakan- ajakan dalam teks persuasi
2. Menjelaskan ajakan-ajakan dalam teks persuasi
3. Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi.
4. Mengidentifikasi langkah-langkah penyimpulan teks persuasi
- Materi Pembelajaran :
Ajakan dalam Teks Persuasi
Ajakan dalam teks persusi meliputi dua yaitu ajakan secara langsung dan tidak langsung.
1. Ajakan Langsung
a. Bersifat ajakan
b. Bersifat larangan
2. Ajakan Tidak Langsung
a. Ajakan secara tersirat atau bersembunyi dibalik pernyataan
Simpulan Isi Teks Persuasi
Simpulan adalah rumusan akhir tentang sesuatu. Simpulan disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran terhadap keseluruhan isi teks tersebut, karena isi teks persuasi berkenaan dengan ajakan, kesimpulan tidak jauh dari jawaban atas pertanyaan “mengajak apa teks persuasi itu?”
Langkah-Langkah Penyimpulan Teks Persuasi
1. Membaca keseluruhan isi teks
2. Menemukan gagasan umum teks
3. Mencatat bagian-bagian penting dari
isi teks Di awal/ di akhir paragraf
4. Memahami hubungan logis
antarbagian penting teks
Hubungan kausalit
5. Merumuskan simpulan isi teks secara
ringkas dan jelas ringkas dan jelas
SLIDE PEMBELAJARAN:
PENUGASAN:
Carilah teks atau gambar yang termasuk ke dalam teks persuasi, kemudian simpulkanlah maksud dari teks persuasi tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar