Rabu, 03 September 2025

IKLAN, SLOGAN, POSTER

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

FASE / KELAS : FASE D/ VIIIA

TEMA : SLOGAN, POSTER, DAN IKLAN 

ELEMEN : MENYIMAK DAN MEMBACA

PERTEMUAN : 2

GURU PENGAMPU : TRI ESTI RIANTI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : RABU/3 SEPTEMBER 2025

CAPAIAN PEMBELAJARAN: 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Peserta didik mampu menyampaikan ungkapa rasa kepedulian dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal yang disajikan melalui media cetak, elektronik, dan/atau digital. Peserta didik mampu menggunakan dan menggembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiusan untuk menulis. Peserta didik mampu menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pemgalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Peserta didik dapat menyebutkan pengertian iklan, menjelaskan iklan komersial dan nonkomersial, serta menyebutkan informasi yang ada dalam sebuah iklan.

Peserta didik dapat menginterpretasikan pesan yang ada dalam sebuah iklan komersial. Peserta didik dapat menganalisis iklan efektif dan tidak efektif.

Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri slogan dan poster. Peserta didik dapat membuat slogan dan poster.

Peserta didik dapat menyebutkan kalimat imperatif dan persuasif dalam iklan. Peserta didik dapat membuat kalimat sendiri.

Peserta didik mampu membuat sebuah poster secara kreatif.

Peserta didik mampu mengetahui langkah-langkah pembuatan iklan dan dapat membuat sebuah iklan sederhana.


MATERI PEMBELAJARAN


Assalamualaikum Sholeh Sholeha ibu yang cantik dan yang ganteng?

Bagaimana kabar kalian semua nak? Semoga kalian semua dalam keadaaan sehat Walafiat ya nak. Aamiin..

Sholat Dhuha nya tidak tinggal kan ya Sholeh Sholeha nya Spalga Hebat....

Baiklah nak dipertemuan sebelumnya ibu sudah menjelaskan materi tentang Teks Laporan Hasil Observasi, ada yang masih ingat apa itu Observasi ? Iya observasi merupakan sebuah pengamatan. Pengamatan sebuah objek.

Nah di pertemuan kita kali ini, kita memasuki Materi selanjutnya yaitu tentang Iklan, Slogan, dan Poster. Silahkan disimak materi berikut ini ya nak...

Apa Itu Iklan, Slogan, dan Poster?

Iklan, slogan, dan poster adalah bentuk visual yang umum digunakan untuk menginformasikan serta mempromosikan merek dan produk. Meskipun ketiganya berbeda dalam bentuk dan penggunaannya, namun ada beberapa persamaan yang mendasar dalam konsep dan tujuannya.

Kita akan membahas lebih lanjut tentang apa persamaan iklan slogan dengan poster dan bagaimana keduanya dapat digunakan secara efektif dalam strategi pemasaran.

Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster

Sebelum membahas lebih jauh tentang persamaan iklan slogan dengan poster, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari ketiga hal tersebut.

Iklan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah pemberitahuan yang dipasang dalam media massa untuk khalayak atau tempat umum, mengenai barang atau jasa yang dijual. Iklan dapat berupa tulisan, gambar, audio, maupun video.

Tujuan iklan yaitu untuk menarik perhatian, mendorong/membujuk atau mempengaruhi pembacanya maupun perilaku konsumen agar membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu.

Jadi, pengertian dari iklan yaitu sarana komunikasi yang digunakan komunikator (perusahaan atau produsen) yang berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi mengenai barang atau jasa kepada publik, khususnya pelanggannya melalui suatu media massa.

Slogan

Slogan merupakan ungkapan atau perkataan singkat yang menarik, mencolok, serta mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi. Baik itu untuk mengiklankan sesuatu, ideologi golongan, organisasi, dan sebagainya.

Fungsi slogan adalah sebagai identitas atau jargon dari suatu merek atau kampanye iklan. Oleh karena itu, tujuan dari slogan yaitu untuk dapat membedakan merek maupun organisasi dari pesaing dan membangun pengenalan identitas yang lebih kuat.

Poster

Poster merupakan media gambar yang bersifat persuasif karena menampilkan suatu tema yang menimbulkan perasaan kuat terhadap orang yang melihatnya. Poster digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau acara tertentu.

Biasanya, poster berisi gambar atau ilustrasi yang menarik perhatian, yang didukung oleh teks yang singkat dan mudah dipahami.

Persamaan Iklan Slogan dan Poster

Persamaan iklan, slogan, dengan poster adalah sebagai berikut.

Memiliki Pesan yang Singkat yang Menarik dan Mudah diingat

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa iklan, slogan, dan poster sama-sama menggunakan kata-kata sebagai salah satu unsur di dalamnya. Di mana, kata-katanya akan membawa pesan tertentu.

Oleh sebab itu, ciri khas kebahasaan iklan, slogan, dan poster adalah menarik, singkat, padat, jelas. Hal ini bertujuan untuk membuat pesan mudah diingat dan mudah diidentifikasi dengan merek atau produk tertentu.

Sifatnya Persuasif

Persamaan iklan, slogan, dengan poster yaitu Iklan, sama sama persuasif. Tujuan intinya sama, yakni membujuk khalayak umum untuk berbuat sesuatu atau agar memenuhi permintaan pemasang iklan.

Menampilkan Suatu Merek atau Produk

Menampilkan merek atau produk yang dipromosikan termasuk persamaan iklan, slogan, dan poster. Baik melalui gambar, teks, maupun kombinasi keduanya, iklan, slogan. dan poster akan berusaha untuk menarik perhatian publik dan membangun kesadaran merek tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Menampilkan Desain Visual yang Menarik

Selain pesan yang singkat dan mudah diingat, desain visual juga menjadi salah satu persamaan iklan serta poster. Keduanya menggunakan gambar, ilustrasi, warna, dan font yang menarik perhatian konsumen. Desain visual yang menarik dapat membuat iklan dan poster lebih efektif dalam menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Tujuan utama dari iklan, slogan, dan poster adalah untuk meningkatkan kesadaran merek tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menampilkan merek atau produk secara terus-menerus dan membangun pesan yang mudah diingat, iklan, slogan, dan poster dapat membantu membangun kesadaran merek yang kuat di kalangan konsumen.

Contoh Masing-masing dari Iklan, Slogan, dan Poster

Contoh Iklan Produk

Foto: dok. Instagram @allobank

Contoh Iklan Makanan

Contoh Slogan

Contoh slogan pendidikan: "Pendidikan adalah salah satu pintu awal untuk meraih kesuksesan."

Contoh slogan lingkungan: "Menyelamatkan bumi itu sama saja dengan menyelamatkan diri kita."

Contoh Poster

Foto: dok. Canva

Foto: dok. Canva

EVALUASI



KESIMPULAN 

Jadi, apa persamaan iklan slogan dengan poster? Jika disimpulkan jawabannya adalah sama-sama menggunakan kata-kata menarik, singkat, padat, jelas, dan mudah diingat, bersifat persuasif, menampilkan suatu merek ataupun produk yang dipromosikan, dan sebagai media komunikasi dan diskusi yang direspon masyarakat.

Dari persamaan-persamaan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun iklan, slogan, dan poster memiliki bentuk yang berbeda, namun keduanya memiliki persamaan dalam konsep dan tujuannya dalam mempromosikan merek dan produk. Oleh karena itu, kombinasi iklan, slogan dan poster dapat digunakan secara efektif dalam strategi pemasaran maupun untuk memperkenalkan sesuatu.


REFERENSI

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/bali/berita/d-6609160/apa-itu-iklan-slogan-dan-poster-berikut-persamaan-serta-contohnya/amp

https://www.scribd.com/document/782480725/Modul-Ajar-Iklan-Slogan-Dan-Poster

https://mamikos.com/info/contoh-iklan-slogan-dan-poster-beserta-gambarnya-pljr/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar