Senin, 11 Oktober 2021

KISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS 9

 

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS IX

SEMESTER GANJIL TAHUN 2021/2022

 

NO

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR

BENTUK

SOAL

NO SOAL

KI 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KI 4

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

 

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

3.1

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1

 

 

 

 

3.2

 

 

 

 

 

 

 

4.2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3

 

 

 

 

 

4.3

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4

 

 

 

 

4.4

Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).

 

Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

 

Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

 

Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

 

Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca

 

 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

 

Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

 

Menjelaskan isi informasi laporan percobaan

 

Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)

 

Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan

 

Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Meyimpulkan struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan

 

Mendiskusikan komponen teks laporan (pernyataan

Umum/klasifikasi)

 

Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan

 

Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

 

 

 

Mendata  gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

 

Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu

Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif

 

Menyimpulkan ciri kebahasaan  teks  pidato persuasif

 

Menyusun  teks  pidato persuasif

 

Menyajika pidato persuasif secara menarik

Siswa dapat menentukan  sikap ilmiah dalam laporan percobaan

 

Siswa dapat menentukan bagian teks laporan percobaan

 

Siswa dapat menentukan bagian teks laporan percobaan

 

Siswa dapat menentukan informasi dalam teks laporan percobaan

 

Siswa dapat menyimpulkan isi teks laporan percobaan

 

Siswa dapat menyusun teks laporan percobaan

 

 

Siswa dapat melengkapi teks laporan percobaan

 

Siswa dapat menentukan unsur serapan

 

Siswa dapat menentukan isi teks laporan percobaan

 

Siswa dapat menyimpulkan isi teks laporan percobaan

 

 

Siswa dapat menentukan metode pidato

 

 

Siswa dapat menentukan tujuan pidato

 

Siswa dapat menentukan tujuan pidato persuasif

 

Siswa dapat menyusun teks pidato

 

Siswa dapat menentukan bagian-bagian teks  pidato

 

Siswa dapat menentukan pesan isi pidato

 

Siswa dapat menentukan isi pidato

 

Siswa dapat menentukan kalimat persuasif dalam teks pidato

 

Siswa dapat menentukan sikap berpidato yang baik

 

Siswa dapat melengkapi kalimat persuasif

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

          PG

 

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

7

 

 

8

 

 

9

 

 

 

      10

 

 

     

 

       11

 

 

12

 

 

13

 

 

 

14

 

 

15

 

 

 

16

 

 

17

 

 

 

18

 

 

19

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar