KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS IX
SEMESTER GANJIL TAHUN 2021/2022
NO |
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
|
KI 3 KI
4 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
3.1 4.1 3.2 4.2. 3.3 4.3 3.4 4.4 |
Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll). Menyimpulkan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca Menelaah struktur dan kebahasaan
dari teks laporan percobaan yang
didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada
makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan aspek lisan Mengidentifikasi gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca Menyimpulkan
gagasan, pandangan, arahan, atau pesan
dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
yang didengar dan/atau dibaca Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato
persuasif tentang permasalahan
aktual yang didengar dan dibaca Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan. |
Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan Membaca dan
menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian
dan pendeskripsian) Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan Meyimpulkan
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan Mendiskusikan
komponen teks laporan (pernyataan Umum/klasifikasi) Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan Menyajikan
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat Mendata gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan dalam pidato Menjelaskan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut
pandang tertentu Menyimpulkan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato Menyimpulkan
struktur teks pidato persuasif Menyimpulkan
ciri kebahasaan teks pidato persuasif Menyusun teks
pidato persuasif Menyajika
pidato persuasif secara menarik |
Siswa dapat
menentukan sikap ilmiah dalam laporan
percobaan Siswa dapat
menentukan bagian teks laporan percobaan Siswa dapat
menentukan bagian teks laporan percobaan Siswa dapat
menentukan informasi dalam teks laporan percobaan Siswa dapat
menyimpulkan isi teks laporan percobaan Siswa dapat
menyusun teks laporan percobaan Siswa dapat
melengkapi teks laporan percobaan Siswa dapat
menentukan unsur serapan Siswa dapat
menentukan isi teks laporan percobaan Siswa dapat
menyimpulkan isi teks laporan percobaan Siswa dapat
menentukan metode pidato Siswa dapat
menentukan tujuan pidato Siswa dapat
menentukan tujuan pidato persuasif Siswa dapat
menyusun teks pidato Siswa dapat
menentukan bagian-bagian teks pidato Siswa dapat
menentukan pesan isi pidato Siswa dapat
menentukan isi pidato Siswa dapat
menentukan kalimat persuasif dalam teks pidato Siswa dapat
menentukan sikap berpidato yang baik Siswa dapat
melengkapi kalimat persuasif |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar