Rabu, 06 Oktober 2021

RABU, 06 OKTOBER 2021 (9F DAN 9G)






Teks laporan percobaan berikut untuk nomor 1-4

Uji Zat Makanan dalam Tempe

Erna Pamularsih, peserta didik SMP Nusantara, melakukan percobaan terhadap tempe. Percobaan dilakukan di laboratorium SMP Nusantara, pada 10

April 2018. Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat makanan pada tempe.

Erna Pamularsih mempersiapkan bahan dan alat untuk melakukan percobaan. Bahan yang dipersiapkan yaitu tempe, lugol, Benedict, NaOH, CuSO4, dan kertas buram. Alat yang diperlukan yaitu tabung reaksi dengan raknya, pipa tetes, cawan petri. mortal, spatula, pembakar bunsen, penjepit tabung reaksi, kertas buram, korek api, dan tisu.

Berikut langkah kerja yang dilakukan Erna Pamularsih untuk menguji kandungan zat dalam tempe.

1)  Uji Karbohidrat (amilum)

a) Tempe digerus, lalu ditempatkan di cawan petri.

b) Hasil gerusan diambil secukupnya. dimasukkan ke dalam plat tetes.

c) Kemudian, tetesi plat tetes dengan lugol sebanyak lima tetes.

d) Catat perubahan warna.

2)  Uji Glukosa

a) Tempe yang sudah digerus terlebih dahulu dimasukkan ke dalam tabung reaksi.

b) Tetesi tabung reaksi dengan lima tetes Benedict dan dipanaskan di atas bunsen.

c) Didiamkan selama beberapa menit.

d) Amati perubahan warna pada tabung reaksi.

3)  Uji Protein

a) Tempe     yang     sudah     digerus dimasukkan ke dalam tabung reaksi.

b) Tetesi tabung reaksi dengan tiga tetes

NaOH kemudian tiga tetes CuSO4

c) Amati perubahan warna pada tabung

reaksi.

4)  Uji Lemak

a) Tempe yang sudah digerus dioieskan di atas kertas buram.

b) Kertas buram yang sudah dioieskan, didiamkan sampai kering.

c) Amati di bawah cahaya sinar matahari

 

Erna Pamularsih mencatat hasil percobaan dalam tabel berikut.

           

Tabel hasil percobaan mencatat uji amilum, uji protein, uji glukosa, dan uji lemak. Saat uji amilum, tempe ditetesi dengan reagen lugol bereaksi dan menghasilkan warna putih kecokelatan. Reaksi tersebut membuktikan bahwa tempe tidak mengandung amilum. Saat uji protein, tempe hanya sedikit mengandung protein karena ketika ditetesi dengan reagen Biuret, warna menjadi setengah ungu. Saat uji glukosa, tempe mengandung sedikit glukosa. Ketika ditetesi Benedict dan dipanaskan di atas bunsen warna tempe berubah menjadi agak oranye. Saat uji lemak, ketika tempe dioleskan pada kertas buram tidak meninggalkan noda transparan. Reaksi tersebut membuktikan bahwa tempe tidak memiliki kandungan lemak.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan, Erna Pamularsih membuat simpulan bahwa tempe mengandung protein. Tempe tidak mengandung amilum dan lemak. Tempe hanya mengandung sedikit glukosa.

 

1.    Informasi pokok dalam laporan percobaan tersebut adalah ...

A. Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat berbahaya dalam tempe.

B. Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat lemak dalam tempe.

Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat minyak dalam tempe.

D. Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat makanan dalam tempe.

 

2.    Paragraf keempat laporan percobaan tersebut rnerupakan bagian ....

A. judul dan tujuan percobaan

B. bahan dan alat percobaan

C. hasil percobaan

           D. langkah kerja percobaan

 

3.    Informasi yang sesuai dengan laporan percobaan tersebut adalah ...

A. Erna Pamularsih, peserta didik SMP Nusantara, melakukan percobaan terhadap tempe.

B. Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat berbahaya dalam tempe.

C. Percobaan  di  laboratorium  SMP Nusantara          dilakukan      secara berkelompok.

D. Uji lemak menunjukkan bahwa tempe mengandung banyak zat lemak.

 

4.    Simpulan yang tepat berdasarkan laporan percobaan tersebut adalah ...

A. Tempe makanan kurang digemari masyarakat.

B. zat dalam tempe baik untuk kesehatan.

Kandungan

C. Tempe mengandung protein dan sedikit

 

5.    Perhatikan  hasil  pengamatan  acak berikut!

1) Hasil menunjukkan bahwa saus tidak mengandung pewarna sintetis.

2) Berdasarkan hasil pengujian tersebut, peneliti melakukan analisis dengan melihat tabel warna.

3) Hasil percobaan terhadap sampel saus yaitu ketika sampel ditetesi dengan HCI pekat warna saus menjadi sedikit berubah.

4) Selanjutnya, saus ditetesi dengan H2SO4   pekat warnanya juga menjadi ungu kecokelatan.

Hasil percobaan acak tersebut dapat disusun menjadi paragraf padu dengan urutan ....

A.    3)-1)-2)-4) B. 3)-2)-1)-4) C. 3)-4)-1)-2) D. 3)-4)-2)-1)

 

6.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1) Daya terima terhadap suatu makanan ditentukan oleh rangsangan yang timbul dari makanan melalui pancaindra.

2) Buah-buahan merupakan komoditas mudah rusak dan sering melimpah saat musim panen raya.

3) Nanas merupakan sumber pangan baik serta mengandung sejumlah vitamin C dan vitamin B1.

4) Buah-buahan baik yang digunakan sebagai bahan baku kudapan ini mengandung serat tinggi.

Contoh kalimat yang menggunakan unsur serapan adalah kalimat nomor ....

A.    1) B. 2) C. 3) D. 4)

 

7.    Metode pidato dengan cara hafalan disebut ....

A. impromptu

B. ekstemporan

C. memoriter

D. manuskrip

 

8.    Salah satu tujuan berpidato adalah memberikan informasi kepada pendengar. Setelah mendengarkan pidato tersebut, pendengar dapat ... isi pidato.

A. meyakini

B. memahami

C. merasa terhibur

D. melakukan

9.    Pidato persuasif bertujuan untuk ....

A. memengaruhi pendengar

B. memberikan    informasi    kepada pendengar

C. menggerakkan pendengar

D. memberikan     hiburan     kepada pendengar

 

10.  Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!

1) Mendaftar pokok-pokok pidato.

2) Menentukan tema pidato.

3) Menentukan tujuan pidato.

4) Mengembangkan kerangka pidato.

5) Menyusun kerangka pidato.

Susunan yang tepat langkah menyusun pidato adalah ....

A.    1)-2)-3)-4)-5)

B.    1)-3)-2)-5)-4)

C.    2)-1)-3)-5)-4)

D.   2)-3)-1)-5)-4)

 

11.  Tujuan berpidato persuasif tercapai jika ....

A. pendengar mendapat pengetahuan yang baru

B. pendengar mendapat hiburan dari isi pi dato

C. pendengar mendapat masukan dari mendengarkan pidato

D. pendengar meyakini dan melakukan apa yang ada dalam isi pidato

 

Pidato untuk menjawab soal nomor 12-15.

Assalamualaikum     warahmatullahi wabarakatuh.1)

Kepada Ketua Perhimpunan Pencinta Seni Indonesia cabang Yogyakarta yang saya hormati. Yang terhormat pengurus Perhimpunan Pencinta Seni Indonesia cabang Yogyakarta. Dan juga kepada teman-teman pencinta dan pemerhati seni Yogyakarta yang saya banggakan. 2) Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji  syukur  ke  hadiraTuhan Yang Mahaagung, karena hanya atas karunia dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul siang hari ini dalam acara seminar bertema “Penguatan seni budaya sebagai penyangga keberagaman Indonesia”. 3)

Saudara-saudara yang saya hormati, Indonesia kaya akan seni kebudayaan yang memiliki nilai keindahan dan keluhuran tinggi. Pada zaman sekarang ini, kebudayaan Indonesia yang lebih dikenal dengan seni tradisi mulai tergeser oleh kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia. Generasi muda lebih tertarik pada budaya asing yang dirasa lebih menarik. Padahal, budaya asing mengandung unsur unsur negatif di dalamnya. Hendaknya perlu dilakukan penyaringan budaya asing yang masuk ke Indonesia. Selain itu, perlu adanya gerakan pengenalan kembali budaya bangsa kepada para penerus bangsa. Bagaimana caranya? Caranya, dengan memasukkan budaya Indonesia dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Lebih penting lagi, penanaman cinta akan budaya Indonesia harus dimulai dari pendidikan usia dini. 4)

Saya mengajak Saudara-saudara pencinta seni untuk menjaga kebudayaan asli Indonesia ini. Ayo, sempatkan waktu Saudara untuk berbagi ilmu, mengajarkan ke generasi muda tentang hebatnya budaya Indonesia! 5)

Saya kira hanya ini yang dapat saya ungkapkan. Banyak salah saya minta maaf. Terima kasih atas perhatian Saudara. 6)

Wassalamuabkum    warahmatullahi wabarakatuh.7)

 

12. Kalimat pembuka pidato ditunjukkan oleh nomor  

A. 1) B. 2) C. 3) D. 4)

 

13. Pesan pidato tersebut adalah ...

A. Informasi tentang budaya Indonesia yang kaya.

B. Gambaran kebudayaan Indonesia yang beragam.

C. Masalah yang dihadapi oleh generasi muda Indonesia.

D. Ajakan     untuk     menjaga     dan mengajarkan kebudayaan Indonesia.


14.  Kalimat yang bertentangan dengan isi pidato adalah ...

A. Pidato tersebut dilakukan dalam acara seminar yang bertema penguatan seni budaya        sebagai      penyangga keberagaman Indonesia.

B. Pidato tersebut didengarkan oleh pemerhati seni dan budaya Indonesia darPerhimpunan Pencinta Seni Indonesia Yogyakarta.

C. Generasi muda Indonesia sangat tertarik dengan kebudayaan Indonesia yang kaya dan beragam dan kurang tertarik dengan kebudayaan asing.

D. Pembicara              mengharapkan kebudayaan Indonesia yang beragam dapat dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.

 

15.  Kalimat persuasif dalam pidato tersebut adalah ...

A. Indonesia kaya akan seni kebudayaan yang memiliki nilai keindahan dan keluhuran tinggi.

B. Generasi muda lebih tertarik kepada budaya asing yang dirasa lebih menarik.

C. Ayo, sempatkan waktu Saudara untuk berbagi ilmu, mengajarkan ke generasi muda tentang hebatnya budaya Indonesia!

D. Lebih penting lagi, penanaman cinta akan budaya Indonesia harus dimulai dari pendidikan usia dini.

 












26 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Bu Terimakasih atas tugasnya
    - Avicena Putra Pradana 9F

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    -atika ghaisani 9G

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum bu terimakasih atas tugasnya

    Cahaya Ibramsyah 9G

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu, terima kasih tugasnya
    — Maura Lodya Amela 9G

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum bu,terimakasih
    Annisa Shalsyabila 9f

    BalasHapus
  6. assalamualaikum trmksh bu
    dera 9f

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum Bu trimakasih Zainuri 9G

    BalasHapus
  8. assalamualaikum terimakasih bu
    Amanda Wahyuni 9G

    BalasHapus
  9. assalamualaikum Bu terimakasih
    M dirly afrijal 9G

    BalasHapus
  10. assalamualaikum bu, terimakasih
    Marshanda zafira 9f

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Bu, terimakasih
    -windalistiani 9G

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum terimakasih Bu
    -scania 9G

    BalasHapus
  13. assalamualaikum bu terimakasih
    -Desty auliya utami 9G

    BalasHapus
  14. assalamualaikum bu, terimakasih atas tugasnya
    bintang mutiara 9f

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Bu terimakasih tugasnya
    Aulia Putri Nasution 9f hadir

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum bu,terimakasih
    Abizar Yusuf A 9F

    BalasHapus
  17. assalamualaikum bu terimakasih
    firyal 9G

    BalasHapus
  18. assalamualaikum buk terimakasih
    alda adellia 9G

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum bu terima kasih
    -Asyifa Marsha Adelia 9f

    BalasHapus
  20. assalamualaikum bu terimakasih.
    -akila 9F

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum terimakasih bu
    Ferlina 9F

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum bu terimakasih.
    Rm. Adam Alfarez 9F

    BalasHapus
  23. assalamualaikum bu
    terimakasih bu atas tugasnya
    Fauzan Haqiqi 9F

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum, terimakasih Bu.
    Nayla Auriel Iryansyah 9F

    BalasHapus