Minggu, 29 Januari 2023

KEGIATAN 3 TUGAS MENULIS

📘Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
🏘Kelas : IXF dan IXE
🧕 pengampu : Tri Esti Rianti
📅Hari/Tanggal : 
Senin, 30 Januari 2023 (9F) 
Kamis, 31 Januari 2023 (9E) 
⏲️Pertemuan : ke 8
⏳Materi :Teks Diskusi
💡KD : 4.10 Menyajikan gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra sertasolusi   atas permasalahan   aktual   dalam   teks diskusi   dengan   memperhatikanstruktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan).
📩Tujuan : Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :1. Menyajikan teks diskusi,2. Melengkapi struktur teks,dan 3. Menulis teks 


Menyajikan teks diskusi
Nah, setelah memahami struktur serta kaidah bahasa dari teks diskusi, kita juga perlu mengetahui cara menyajikan teks diskusi secara lisan. Ketika menyampaikan teks diskusi dalam bentuk lisan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu intonasi, lafal, dan gestur.

Intonasi adalah nada yang digunakan ketika membacakan kalimat. Intonasi yang baik akan memberikan kesan yang baik pula bagi pendengar. Lafal adalah cara seseorang mengucapkan kata saat berbicara. Perbedaan lafal dapat dipengaruhi oleh lingkungan, 
 tinggal, pendidikan, budaya, dan lain-lain. Gestur adalah gerakan tubuh yang dapat digunakan ketika berbicara agar emosi lebih mudah disampaikan.

Setelah kalian memahami materi diatas. 
Silahkan kalian kerjakan Kegiatan 3 : Tugas Menulis. (Buku cetak halaman 141) 
Kerjakan sesuai perintah.. 
Kerjakan pada buku tulis kalian, jika ada yang kurang jelas. Silahkan kalian tanyakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar