Selasa, 17 Januari 2023

Pembahasan Kegiatan 2 Menelaah Teks Eksposisi

📝Nama : Tri Esti Rianti, S. Pd. 

📚Mapel : Bahasa Indonesia

🗒Kelas : IXF

🗓Hari/Tanggal : Rabu, 18 Januari 2023

📋Pertemuan : Ke 6

🎞Materi :Teks Diskusi

📑Kompetensi Dasar   :

3.10 Menelaah pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

📙Tujuan              : 

3.10.1  Menganalisis Struktur teks diskusi:Pendahuluan; Gagasan utama;Alasan dan bukti pendukung, satu sudut pandang;Gagasan utama—sudut pandang lain;Alasan dan bukti pendukung, sudut pandang lain.

3.10.2   Menganalisis pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar


💡Pembahasan LKPD minggu lalu.💡

1. Apa pendapat penulis terhadap topik ini?

Jawab: Pendapat penulis terhadap topik ini adalah masalah obesitas dan kesehatan yang dialami oleh anak-anak dapat diatasi dengan melakukan olahraga.

2. Apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya?

Jawab: Kata atau frasa yang digunakan penulis adalah semakin gemuk, semakin diperburuk, bermain olahraga, sehat, pertumbuhan fisik, video game, bekerja sama, dan sangat menyenangkan.


3. Teks eksposisi di atas belum memiliki judul. Judul apa kira-kira yang paling sesuai?

Jawab: Judul untuk teks eksposisi di atas yang paling sesuai adalah "Pentingnya dan Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Anak-Anak."


4. Pada bagian pendahuluan, penulis menggunakan kata 'kita'. Mengapa penulis melakukan ini?

Jawab: Penulis melakukan itu karena penulis mengajak kita semua, pembacanya yang tidak hanya seorang saja untuk mengatasi gaya hidup anak-anak yang tidak sehat.

5. Bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya?

Jawab: Penulis menyusun gagasannya dengan menyusun kerangka teks eksposisi terlebih dahulu, penulis juga menulis sesuai dengan struktur teks eksposisi, serta dilengkapi dengan bukti ilmiah dan menggunakan bahasa yang sopan dan santun.

6. Eksposisi menggunakan kata emotif agar memberi dampak bagi pembaca. Beberapa kata emotif yang digunakan dalam teks di atas adalah menyenangkan, pertemanan, kerja sama. Coba temukan kata emotif lainnya yang ada dalam teks.

Jawab: Kata emotif lainnya yang ada dalam teks adalah bersyukur, mengeluh, bosan, kerja sama, bersenang-senang, menyedihkan, menyenangkan, dan suntuk.

7. Eksposisi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca (persuasi) agar setuju dengan pandangan penulis. Beberapa kata persuatif yang digunakan dalam teks adalah sangat baik, memerlukan, harus. Coba temukan kata lainnya.

Jawab: Kata persuatif yang digunakan dalam teks itu adalah cara terbaik, sangat baik, sebaiknya, harus, dan jauh lebih baik daripada.


8. Eksposisi menggunakan kata-kata tertentu yang menghubungkan gagasan dalam paragraf dan menghubungkan antar paragraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah juga, selain itu, dan. Temukan kata lainnya.

Jawab: Kata penghubung lainnya yang di gunakan, yaitu bahwa, atau dan dari pada.

9. Eksposisi menggunakan kata-kata topik dalam keseluruhan teks. Kata-kata topik ini berkaitan dengan judul atau inti persoalan. Dalam teks ini dapat berupa kata-kata tentang anak-anak dan olahraga. Dapatkah kamu temukan beberapa contoh kata-kata topik ini dalam teks?

Jawab: Kata topik yang di temukan, di antaranya: olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, bola basket, televisi.

10. Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?

Jawab: Tujuan simpulan dalam teks eksposisi adalah untuk memberikan informasi tentang pendapat dari sudut pandang penulis kepada pembaca.

11. Apa alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan?

Jawab: Alasannya yaitu untuk menjelaskan informasi tertentu guna dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Selanjutnya silahkan diperbaiki jika jawabannya masih ada yang salah. Lalu lanjutkan Kegiatan dengan klik link dibawah ini. 👇

https://www.liveworksheets.com/id/fk2907434sg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar