Kamis, 13 Februari 2020

13 FEBUARI 2020 (VIII)

Teks persuasi adalah sebuah teks yang menyajikan ajakan atau bujukan kepada khalayak umum untuk menyetujui suatu gagasan atau melakukan suatu tindakan secara sukarela alias tanpa paksaan dari siapapun.


Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa teks persuasi. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.


PERTANYAAN

A. Jawablah!

1. Apa yang dimaksud dengan simpulan?

JAWABAN:

SIMPULAN ADALAH SEBUAH INFORMASI YANG KITA PEROLEH TERKAIT ISI SEBUAH TULISAN SETELAH MEMAHAMI ISI TULISAN TERSEBUT SEPENUHNYA.


2. Bagaimana cara merumuskan kesimpulan untuk teks persuasi?

JAWABAN:

CARA MERUMUSKAN SIMPULAN UNTUK TEKS PERSUASI ADALAH DENGAN MENCARI INTI PEMBICARAAN TEKS TERSEBUT DARI KALIMAT UTAMA DAN DATA-DATA PENDUKUNG.

B. Apa simpulanmu tentang isi dari cuplikan-cuplikan teks di bawah ini?

1. Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil  hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya adalah  semangat persatuan. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang  menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara  bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan  ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang  selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

SIMPULAN:

SUMPAH PEMUDA MERUPAKAN WUJUD PERSATUAN BANGSA UNTUK MENGUSIR PENJAJAH BELANDA.


2. Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media  ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita.  Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang  seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Cuma, kemajuan teknologi  (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat  sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga  sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati sekali dan  ekstra waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.

JAWABAN:

KITA HARUS BIJAK DALAM MENGGUNAKAN INTERNET.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/21475178#readmore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar