Jumat, 28 Februari 2020

28 FEBRUARI 2020 (7)

Unsur intrinsik adlah unsur yang berasal dari dalam karya sastra, Unsur intrinsik mencakup tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.


Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk mencari unsur intrinsik yang terdapat pada cerita fabel Belalang Sembah. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.


UNSUR INTRINSIK

A. TEMA -> BIJAK MENYIAPKAN MASA DEPAN

Bukti:

Maka setiap orang perlu menyiapkan  masa depannya dengan berusaha


B. TOKOH -> BELALANG SEMBAH DAN SEMUT

Bukti:

Para Semut  melihat Sang Belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan  tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.


C. ALUR -> ALUR MAJU

Bukti:

Musim dingin tiba.


D. LATAR -> MUSIM GUGUR HINGGA MUSIM DINGIN (WAKTU) DAN KEBUN ANGGUR (TEMPAT)

Bukti:

- Suatu hari di sebuah kebun anggur,...

- Para Semut melihat  bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang.


E. AMANAT -> KITA HARUS BIJAK MENYIAPKAN MASA DEPAN

Bukti:

Maka setiap orang perlu menyiapkan  masa depannya dengan berusaha


F. SUDUT PANDANG -> SUDUT PANDANG ORANG KETIGA

Bukti:

Mereka sering hidup  di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan  tiba Belalang sembah hanya berlatih menari.


G. TOKOH -> SEMUT DAN BELALANG SEMBAH


Sebagai rujukan, berikut kakak sertakan kutipan fabel tersebut.

Belalang Sembah

Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut  dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat  sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan  seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat  bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat  sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai  macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan  ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah  memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup  di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan  tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah  itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus  mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin.

Suatu hari Sang Belalang sembah menari di dekat sarang Semut. Dia  menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan  dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para Semut  melihat Sang Belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan  tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.

Sang Belalang yang sedang menari melihat para Semut berjalan dengan  membawa makanan untuk dibawa kesarangnya. Sang Belalang sembah  heran dengan apa yang dilakukan Semut lalu dia bertanya kepada salah  satu Semut tentara yang sedang berjaga di dekat para Semut pekerja  ,“Kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke  sarang kalian?” sang Semut menjawab “Kami melakukannya agar kami  tidak kelaparan saat musim dingin tiba.” Lalu sang Belalang kaget “Musim  dingin?” kata sang Belalang sembah dengan kagetnya, “Kan masih lama,  lebih baik kita bersenang-senang saja dulu”, kata sang Belalang. Semut tak  menghiraukan Belalang. Semut tetap tekun mengumpulkan makanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar